Hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pola makan sehat pada mahasiswa kost di kelurahan Tembalang kecamatan Tembalang kota Semarang.

Aminah, Siti (2007) Hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pola makan sehat pada mahasiswa kost di kelurahan Tembalang kecamatan Tembalang kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

1666Kb

Abstract

Pola makan adalah cara seseorang atau kelompok orang memilih makanan dan memakannya sebagai tanggapan terhadap pengaruh fisiologis, psikologis, budaya dan sosial. Pola makan yang sehat dapat dilihat dari jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, jadwal yang teratur dan jenis makanan yang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan mahasiswa kost tentang pola makan sehat dengan perilaku pola makan sehat pada mahasiswa kost di kelurahan Tembalang kecamatan Tembalang kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non experimental dengan pendekatan deskriptif korelasional dan digunakan uji chi square. Responden adalah mahasiswa yang sudah kost minimal 6 bulan di kelurahan Tembalang. Penelitian ini menggunakan tehnik sampling dengan simple random sampling dan didapatkan 93 responden, dan pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berusia 20 tahun (43%), tingkat pengetahuan tinggi 58,1%, tingkat pengetahuan rendah 41,9%, perilaku sehat 57%, dan perilaku tidak sehat 43%. Dari hasil uji korelasi yang dilakukan didapatkan bahwa ada hubungan antara tingkat pengetahuan mahasiswa tentang pola makan sehat dengan perilaku pola makan sehat pada mahasiswa kost dengan p value 0,000. Dapat disimpulkan bahwa dengan tingkat pengetahuan mahasiswa yang tinggi tentang pola makan yang sehat, diharapkan perilaku pola makan mahasiswa juga sehat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pola makan sehat, tingkat pengetahuan, perilaku.
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:16372
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:09 Jul 2010 11:36
Last Modified:09 Jul 2010 11:36

Repository Staff Only: item control page