PERAN DINAS KOPERASI, USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH, INDUSTRI DAN PERDAGANGAN DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN INDUSTRI KECIL BATIK KABUPATEN PEKALONGAN

Muawanah, Muawanah (2010) PERAN DINAS KOPERASI, USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH, INDUSTRI DAN PERDAGANGAN DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN INDUSTRI KECIL BATIK KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Fisip Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
15Kb

Abstract

IKM mempunyai peran yang cukup penting dalam perekonomian suatu daerah, selain dapat mengurangi tingkat pengangguran juga dapat meningkatkan PAD melalui kegiatan ekspor non migas, retribusi dan investasi. Namun sekarang ini industri kecil yang ada belum sepenuhnya mampu menunjukkan perannya secara optimal dalam perekonomian nasional. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa industri kecil masih menghadapi berbagai hambatan dan kendala yang ada, baik yang bersifat eksternal maupun internal. Untuk itulah pemberdayaan industri kecil ini mutlak diperlukan untuk dapat berkembang menjadi usaha berkompetesi teknologi. Kabupaten Pekalongan mempunyai potensi industri yang besar. Salah satunya industri unggulan di Kabupaten Pekalongan adalah batik. Perkembangan industri ini dipengaruhi beberapa faktor antara lain faktor penghambat dan faktor pendukung. Peran Dinas Koperasi, Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah, Industri dan Perdagangan ini dibutuhkan untuk mengatasi faktor penghambat yang terjadi. Industri kecil batik ini diharapkan mampu menjadi industri yang kokoh dan tangguh. Oleh karena itu hendaknya Pemerintah tidak patah arang dalam memberdayakan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan seperti ini. Penelitian tentang pemberdayaan industri Batik ini mampu menumbuhkan semangat baru khususnya bagi masyarakat Pekalongan. Pemerintah Kabupaten Pekalongan memberikan banyak perhatian terhadap perkembangan industri kecil batik ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya upaya yang dilakukan untuk meningkatkan perkembangan industri ini. Upaya yang dilakukan antara lain : pelayanan perizinan usaha industri, sosialisasi. Hak atas kekayaan intelektual, pendirian Kampung Batik, pemberian bantuan, melakukan promosi serta Pelatihan Manajemen Pemasaran produk unggulan batik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:16350
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:09 Jul 2010 10:59
Last Modified:09 Jul 2010 10:59

Repository Staff Only: item control page