PROSEDUR PENYALURAN DAN PENGEMBANGAN MELALUI PINJAMAN MODAL DANA BERGULIR TERHADAP INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TENGAH

Ayu, Marliana (2010) PROSEDUR PENYALURAN DAN PENGEMBANGAN MELALUI PINJAMAN MODAL DANA BERGULIR TERHADAP INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Fisip Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
16Kb

Abstract

Perkembangan industri kecil dan menengah di Provinsi Jawa Tengah semakin pesat, keberadaannya mampu memberikan sumbangan yang signifikan bagi pendapatan daerah. Industri kecil dan menengah mempunyai peranan yang besar dalam meningkatkan pendapatan perkapita dan sebagai faktor penggerak utama perekonomian daerah. Diharapkan industri kecil dan menengah ini dapat memperluas lapangan pekerjaan dan menambah kesempatan kerja. Dalam menjalankan usahanya, masih banyak kendala terutama dalam modal usaha yang belum cukup untuk mengemban usahanya. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah merupakan instansi milik Pemerintah yang berada di bawah Departemen Perindustrian dan Perdagangan yang bergerak di bidang peningkatan usaha Perindustrian pada setiap daerah yang ada di Indonesia. Dalam rangka memberdayakan dan mengembangkan usaha kecil dan menengah, Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah berusaha membantu dengan memberikan bantuan yaitu melalui pinjaman modal dana bergulir. Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat produktifitas usahanya. Pelaksanaan, penyaluran dan, pengembalian modal dana bergulir di Dinas Provinsi Jawa Tengah melalui proses dan prosedur yaitu penetapan nama penerima, pinjaman dana bergulir, penyerahan jaminan pinjaman kepada Kepala Dinas Perindustrian, penyerahan pinjaman dana bergulir sampai ke pengembalian angsuran pinjaman dana bergulir. Kendala dan kelemahan dalam peminjaman modal dana bergulir lebih pada keterlambatan pembayaran angsuran terhadap perjanjian yang sudah disepakati oleh penerima dana bergulir agar lebih transparan dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebagai pemberi bantuan modal dana bergulir, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah menerapkan keputusan, pedoman dan kebijakan dalam memberikan peminjaman modal dana bergulir kepada pengusaha industri kecil dan menengah serta dalam pengembaliannya sehingga dalam pengelolaan modal dana bergulir dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan pelaksanaan pengelolaan dana bergulir secara transparan, akuntabel, efisien dan efektif.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:16337
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:09 Jul 2010 10:46
Last Modified:09 Jul 2010 10:46

Repository Staff Only: item control page