PENGARUH FAKTOR PERSEPSI MAHASISWA DALAM PENGELOLAAN RUANG RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DALAM PRAKTEK KLINIK KEPERAWATAN DI RSUD ULIN BANJARMASIN

RIZANI, AKHMAD (2006) PENGARUH FAKTOR PERSEPSI MAHASISWA DALAM PENGELOLAAN RUANG RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DALAM PRAKTEK KLINIK KEPERAWATAN DI RSUD ULIN BANJARMASIN. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
518Kb

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin merupakan rumah sakit pendidikan tipe B sebagai pusat pelayanan dan praktek mahasiswa di Kalimantan Selatan berupaya memenuhi persyaratan pengelolaan sebagai lahan praktek pendidikan. Pada institusi pendidikan keperawatan, mahasiswa diwajibkan mengikuti proses pembelajaran klinik dengan melaksanakan praktek klinik keperawatan di ruang rawat inap RSUD Ulin Banjarmasin untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Keberhasilan mahasiswa dalam praktek klinik keperawatan sangat ditentukan bagaimana pengelolaan ruang rawat inap yang dipersepsikan mahasiswa sebagai bentuk pengalaman yang dibutuhkan. Faktor persepsi mahasiswa tentang kepemimpinan pembimbing klinik, supervisi kepala ruangan, koordinasi antar pembimbing praktek dan lingkungan kerja praktek mempengaruhi kepuasan mahasiswa dalam praktek klinik keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor persepsi mahasiswa dalam pengelolaan ruang rawat inap terhadap kepuasan mahasiswa dalam praktek klinik keperawatan. Jenis penelitian adalah observasional dengan metode analisis kuantitatif. Desain penelitian ini merupakan studi cross sectional. Populasi penelitian ini berjumlah 134 orang mahasiswa dari 3 (tiga) institusi pendidikan keperawatan yaitu Akper Muhammadiyah Banjarmasin, Akper Intan Martapura dan Jurusan Keperawatan Poltekkes Banjarmasin. Jumlah sampel 100 orang dengan proportinate random sampling, didasarkan pada kriteria inklusi adalah mahasiswa yang telah melaksanakan praktek klinik keperawatan di ruang rawat inap yang sama yaitu ruangan orthopedi. Penelitian ini menggunakan analisis bivariat dengan chi square test sedangkan analisis multivariat dengan menggunakan analisis regresi logistik. Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan persepsi mahasiswa tentang kepemimpinan pembimbing klinik (X2 = 14,180 dengan p-value 0,0001), supervisi kepala ruangan (X2 = 6,622 dengan p-value 0,010), koordinasi antar pembimbing praktek (X2 = 5,675 dengan p-value 0,017), dan lingkungan kerja praktek (X2 10,277 dengan p-value 0,001) dengan kepuasan mahasiswa dalam praktek klinik keperawatan. Hasil analisis multivariat menunjukkan adanya pengaruh bersama-sama persepsi mahasiswa tentang kepemimpinan pembimbing klinik (p-value 0,001 < 0,05 dan Exp (B) 4,466) dan lingkungan kerja praktek (p-value 0,009 < 0,05 dan Exp (B) 3,286) terhadap kepuasan mahasiswa dalam praktek klinik keperawatan. Persepsi mahasiswa tentang kepemimpinan pembimbing klinik paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dalam praktek klinik keperawatan karena mempunyai nilai Exp (B) yang tertinggi yaitu 4,466. Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh bersama-sama persepsi mahasiswa tentang kepemimpinan pembimbing klinik dan lingkungan kerja praktek terhadap kepuasan mahasiswa dalam praktek klinik keperawatan. Saran yang disampaikan meningkatkan keterampilan pembimbing klinik berupa memberikan penilaian secara langsung saat tindakan keperawatan, meningkatkan sikap terbuka dan mampu memberikan keyakinan kepada mahasiswa untuk bisa melaksanakan prosedur tindakan keperawatan. Selanjutnya menyedikan kondisi lingkungan kerja praktek di ruangan berupa fasilitas perpustakaan buku-buku keperawatan, ruang khusus untuk diskusi, ruangan yang sejuk, tenang, terang dan bersih serta tersedianya alat-bahan keperawatan saat tindakan keperawatan di ruangan. Local General Hospital of Ulin Banjarmasin (RSUD Ulin Banjarmasin) constitutes educational hospital type B, as centre service and practical site for student on South Borneo, tries to complete any management requirements as education practical site. In the nursing educational institution, student has an obligatory to follow clinical learning process through conducts nursing clinical practical on inpatient room of RSUD Ulin Banjarmasin to improve their knowledge and know-how. Their successful on the nursing clinical practical is strongly influenced on how inpatient room management perceived by students, as experiences they required. Student’s perception factor about clinical instructor leadership, chief of room supervision, coordination between practical instructor and practical working environment, they all influence student’s satisfaction on the nursing clinical practical. This research had purposes to analyse the influence of student’s perception factor in the management of inpatient room toward student’s satisfaction on nursing clinical practical. It included on the sort of observational research with quantitative analyze method. This research design constituted a cross sectional study. Were research population was 134 students of 3 (three) nursing education institutions, they Akper Muhammadiyah Banjarmasin, Akper Intan Martapura and Nursing Subject of Poltekkes Banjarmasin. 100 sample of students with proportinate random sampling, based on inclusive criteria were students which had performed nursing clinical practical in the similar inpatient room, that is orthopaedic room. It used bi-variance (cross-tabs) analysis with chi-square test, while multi-variances used logistic regression analysis. Bi-variance analysis shows the relation between student’s perception about clinical instructor leadership (X2 = 14,180 with p-value 0,0001), chief of room supervision (X2 = 6,622 with p-value 0,010), coordination amongst practical instructors (X2 = 5,675 with p-value 0,017), and practical working environment (X2 10,277 with p-value 0,001) they all student’s satisfaction on the nursing clinical practical. The multi-variance analysis shows the influence altogether student’s perception about clinical instructor leadership (p-value 0,001 < 0,05 and Exp (B) 4,466) and practical working environment (p-value 0,009 < 0,05 and Exp (B) 3,286) toward student’s satisfaction on their nursing clinical practical. Student’s perception about clinical instructor leadership is the most influence factor against student’s satisfaction in the nursing clinical practical, for it has the highest Exp (B), 4,466. This research conclusion is the existence of altogether influences of student’s perception about clinical instructor leadership and practical working environment toward student’s satisfying on their nursing clinical practical. It suggested to improve clinical instructor skill and know-how to provide directly measure when take a nursing action, improve the exposure attitude and able to provide such believe to students for complete nursing action. Then, provide several facilities on practical working environment, such as nursing book library, special room for discussion, a freshness, quiet, enlighten, neat and clean room, also available nursing equipments while take nursing action.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Public Health
ID Code:16329
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:09 Jul 2010 10:34
Last Modified:27 Dec 2010 13:28

Repository Staff Only: item control page