ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP KEPUASAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS OUTLET (Studi Empirik pada Retailer Komputer di Kota Semarang)

Santoso, Aief Budi (2006) ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP KEPUASAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS OUTLET (Studi Empirik pada Retailer Komputer di Kota Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
422Kb

Abstract

Trust and commitment as a strategic value to create satisfaction toward outlet loyalty in integral model have not been discuss until now. In other, retail computer industry have a problem with low bargain on macro market driving. So, satisfaction and outlet loyalty can be a main factor of principal / distributor in order to achieve sustainable performance. Some research at the past, more discuss trust, commitment, satisfaction, and outlet loyalty in separate and take a various research object, focus, and outcomes. So, this study investigates by case study with questionare to 100 manager of computer outlet in Semarang. This research use structural equation modeling as an analytical tool, with AMOS 4.01 as a software. In this computer retailer research of Semarang, the results support hyphotized model that trust and commitment affect selling partner satisfaction toward outlet loyalty simultanly. But in direct effect analysis, trust doesn’t have significantly positif effect to support hyphotesis. In general, this results have relevant with some research and make a implication for priciples / distributors to manage their selling relationship outlet seriously. Kepercayaan dan komitmen sebagai sebuah nilai strategis kepuasan dalam upaya peningkatan loyalitas hingga kini masih sedikit didiskusikan secara integral dalam penelitian terdahulu. Di sisi lain, permasalahan praktis di industri retail komputer seringkali tidak memiliki nilai tawar yang cukup dalam menghadapi kendali pasar makro. Oleh karena itu, kepuasan dan loyalitas outlet menjadi faktor penting dan sangat strategis bagi prinsipal dan distributor yang seharusnya dikelola secara optimal dalam upaya meningkatkan kinerja secara berkelanjutan. Penelitian ini berupaya mengamati faktor-faktor kepercayaan dan komitmen yang mendukung kepuasan dan loyalitas. Beberapa penelitian terdahulu telah membahas tema ini secara terpisah, dengan objek penelitian, fokus bahasan, dan temuan yang beragam. Maka, penelitian ini dilakukan dengan mengambil objek studi empirik pada industri komputer di Kota Semarang dalam dimensi stratejik. Teknik analisis yang dipakai untuk menginterpretasikan dan menganalisis data adalah dengan teknik Structural Equation Model (SEM) dari paket software AMOS 4.01. Dari hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa kepercayaan dan komitmen berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan outlet yang pada akhirnya juga akan meningkatkan loyalitas outlet secara simultan. Meski komitmen juga memberikan efek positif terhadap loyalitas, namun kepercayaan tidak terbukti memiliki efek langsung yang signifikan terhadap loyalitas outlet. Namun secara umum, temuan ini relatif relevan dengan hasil penelitian terdahulu dan memberikan implikasi positif pada prinsipal / distibutor dalam manajemen stratejik hubungan kerjasama penjualan terhadap outlet pengecer.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:16312
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:09 Jul 2010 10:07
Last Modified:09 Jul 2010 10:07

Repository Staff Only: item control page