FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN REFORMASI BIROKRASI PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA-BALI (STUDI KASUS TENTANG KESUKSESAN KABUPATEN JEMBRANA DALAM MENYEDIAKAN PELAYANAN PUBLIK SECARA GRATIS)

Loka, Cahya (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN REFORMASI BIROKRASI PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA-BALI (STUDI KASUS TENTANG KESUKSESAN KABUPATEN JEMBRANA DALAM MENYEDIAKAN PELAYANAN PUBLIK SECARA GRATIS). Undergraduate thesis, Fisip Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
18Kb

Abstract

Pemerintah Kabupaten Jembrana adalah salah satu Kabupaten di Indonesia yang berhasil melakukan reformasi birokrasi, dimana indikator keberhasilan tersebut dapat dilihat dari tiga program unggulan Kabupaten Jembrana yakni pertama, kualitas pendidikan; kedua, peningkatan derajat kesehatan masyarakat; ketiga, peningkatan daya beli masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahu faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan reformasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Jembrana Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus terhadap Pemerintah Kabupaten Jembrana-Bali sebagai unit analisis, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terdapat tiga kunci utama yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Jembrana pasca reformasi, yakni pemimpin yang pro terhadap rakyat; menciptakan hubungan yang sinergis antara lembaga legislatif dan eksekutif; dan adanya dukungan dari aparat birokrasi. Sementara, terdapat lima (5) faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan reformasi birokrasi Pemerintah Kabupaten Jembrana, pertama, adanya komitmen kepala daerah dan perannya dalam usahanya melakukan reformasi birokrasi; kedua, restrukturisasi kelembagaan; ketiga, pemberdayaan sumber daya manusia birokrasi, keempat, strategi pemanfaatan aset daerah; kelima, menejemen pengelolaan dana/anggaran.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:16300
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:09 Jul 2010 09:17
Last Modified:09 Jul 2010 09:17

Repository Staff Only: item control page