Hubungan Antara Pola Komunikasi Remaja Terhadap Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Remaja Pada Pelajar Di SMK karya Nugraha Boyolali.

Sholikah, Sholikah (2007) Hubungan Antara Pola Komunikasi Remaja Terhadap Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Remaja Pada Pelajar Di SMK karya Nugraha Boyolali. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

20Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

55Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

117Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

23Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

29Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

10Kb
[img]
Preview
PDF
68Kb
[img]
Preview
PDF
15Kb

Abstract

Perilaku agresif merupakan salah satu masalah yang terjadi pada remaja dalam proses perubahan remaja. Perilaku agresif merupakan tingkah laku yang dimaksudkan untuk melukai, menyakiti atau menyerang orang lain baik secara fisik maupun psikis. Banyak faktor yang menyebabkan perilaku agresif pada remaja, salah satunya adalah pola komunikasi remaja terhadap orang tua. Adanya kesenjangan generasi dan kegagalan komunikasi antara remaja dan orang tua diyakini sebagai salah satu penyebab munculnya perilaku agresif pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola komunikasi remaja terhadap orang tua pada pelajar di SMK Karya Nugraha Boyolali. Penelitian ini menggunakan studi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 239 responden. Alat penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan data dianalisis dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan responden yang memiliki pola komunikasi disfungsional sebanyak 118 responden (49,4%) dan responden yang menunjukkan pola komunikasi fungsional adalah 121 responden (50,4%). Dari 118 responden yang memiliki pola komunikasi disfungsional, terdapat 73 responden (30,5%) yang menunjukkan perilaku agresif positif dan 45 responden (18,8%) yang menunjukkan perilaku agresif negatif. Sedangkan dari 121 responden yang memiliki pola komunikasi fungsional terdapat 55 (23%) responden yang menunjukkan perilaku agresif positif dan 66 responden (27,7%) yang menunjukkan perilaku agresif negatif. Hasil statistik dengan uji chi square, didapatkan p value=0,011 ( p value ≤0,05). Hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pola komunikasi remaja terhadap orang tua dengan perilaku agresif remaja pada pelajar SMK Karya Nugraha Boyolali. Sekolah hendaknya memberikan perhatian terhadap perilaku agresif pada remaja melalui bimbingan konseling dan kegiatan-kegiatan yang positif bagi siswanya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:remaja, pola komunikasi, perilaku agresif
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:16299
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:09 Jul 2010 11:43
Last Modified:09 Jul 2010 13:49

Repository Staff Only: item control page