SYAHBANA, AHMAD ALI (2008) PENGARUH INTENSITAS PERSAINGAN, LOKASI, KUALITAS PRAMUNIAGA, DAN KESADARAN AKAN HARGA TERHADAP STRATEGI BISNIS BERBASIS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA OUTLET (Studi pada Outlet-outlet PT. Telkomsel Wilayah Kota Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 423Kb |
Abstract
The purpose of this research is to test the influences of competitive intensity; location; employee quality; and price consciousness on business strategy by service to increase outlet performance. Using these variables, the usage of these variables are able to solve the arising problem within PT. Telkomsel Semarang. The samples size of this research is 150 outlets PT. Telkomsel Semarang. Using the Structural Equation Modeling (SEM). The results show that the competitive intensity; location; employee quality; and price consciousness on strategy by service to increase outlet performance. The effect of competitive intensity on business strategy by service are 0,38; The effect of location on business strategy by service are 0,26; The effect of employee quality on business strategy by service are 0,22; The effect of price consciousness on business strategy by service are 0,29; The effect of business strategy by service on outlet performance are 0,49; Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh intensitas persaingan, lokasi, kualitas pramuniaga, dan kesadaran akan harga terhadap strategi bisnis berbasis pelayanan dalam meningkatkan kinerja outlet. Justifikasi teori dari penelitian ini didukung oleh Linchenstein et al., (1993); Homburg et al., (2002); dan Hummel dan Savitt., (1998) yang menunjukkan bahwa intensitas persaingan, lokasi, kualitas pramuniaga, dan kesadaran akan harga mempengaruhi strategi bisnis berbasis pelayanan yang berdampak pada kinerja outlet.. Sampel penelitian ini adalah outlet-outlet PT. Telkomsel Semarang, sejumlah 150 responden. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa intensitas persaingan, lokasi, kualitas pramuniaga, dan kesadaran akan harga terhadap strategi bisnis berbasis pelayanan dalam meningkatkan kinerja outlet. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa intensitas persaingan berpengaruh signifikan terhadap strategi bisnis berbasis pelayanan dengan nilai regressi sebesar 0,38; lokasi berpengaruh signifikan terhadap strategi bisnis berbasis pelayanan dengan nilai regressi sebesar 0,26; kualitas pramuniaga berpengaruh signifikan terhadap strategi bisnis berbasis pelayanan dengan nilai regressi sebesar 0,22; kesadaran akan harga berpengaruh signifikan terhadap strategi bisnis berbasis pelayanan dengan nilai regressi sebesar 0,29; strategi bisnis berbasis pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kinerja outlet dengan nilai regressi sebesar 0,49.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 16296 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 08 Jul 2010 14:21 |
Last Modified: | 08 Jul 2010 14:21 |
Repository Staff Only: item control page