ANALISIS PENGARUH FAKTOR KOLABORASI PERAWAT TERHADAP KEPUASAN KERJA DOKTER SPESIALIS DI RAWAT INAP PAVILIUN GARUDA RS. DR. KARIADI SEMARANG TAHUN 2006

Paryanto, HM. Agus Tri (2006) ANALISIS PENGARUH FAKTOR KOLABORASI PERAWAT TERHADAP KEPUASAN KERJA DOKTER SPESIALIS DI RAWAT INAP PAVILIUN GARUDA RS. DR. KARIADI SEMARANG TAHUN 2006. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
382Kb

Abstract

Berdasarkan data kunjungan tahun 2005 diketahui bahwa rata-rata Bed Occupancy Rate (BOR) Paviliun Garuda RS Dr. Kariadi masih di kisaran 53,05%. Nilai BOR ini lebih rendah dari nilai standar BOR yang seharusnya yaitu 70-80%. Upaya untuk meningkatkan BOR, terlebih dulu memperbaiki manajemen pelayanan penyembuhan pasien melalui faktor-faktor yang berhubungan dengan pelayanan perawatan. Salah satu faktor pelayanan perawatan yang mempengaruhi terhadap penyembuhan pasien adalah faktor kolaborasi perawat dengan dokter. Walaupun perawat Paviliun Garuda rata-rata berpendidikan DIII akan tetapi masih terdapat keluhan sebagian para dokter spesialis tentang ketrampilan, keramahan, komunikasi sebagian perawat masih perlu ditingkatkan sehingga hal ini dapat mempengaruhi kepuasan kerja dokter spesialis.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor kolaborasi perawat terhadap kepuasan kerja dokter spesialis di rawat inap Paviliun Garuda RS Dr. Kariadi Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasi dengan metode survey untuk menjelaskan hubungan antara variabel terikat dengan variabel bebas. Penelitian ini merupakan studi cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah para dokter spesialis sudah praktik di rawat inap paviliun garuda Dr. Kariadi Semarang yang berjumlah 100 dokter spesialis. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang, didasarkan pada kriteria inklusi yaitu bagi dokter yang pernah merawat pasien rawat inap paviliun garuda minimal 3 kali merawat pasien. Analisis bivariat dalam penelitian ini adalah analisis chi-square. Analisis Multivariat dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan persepsi tentang kecakapan dan ketrampilan perawat (X2 = 17,019. p value 0,000< 0,05), , dan persepsi tentang perawat mampu melaksanakan tugas delegasi dokter (X2 =13,015. p value 0,0001<0,05, persepsi tentang kemampuan perawat dalam menjalankan tugas rutin klinis (X2 = 25,321,p value =0,0001 <0,05), persepsi tentang keramahan perawat dan keberadaanya dalam visite bersama (X2 = 5,288, p value =0,021 <0,05), dan persepsi tentang komunkasi perawat-dokter (X2 = 7,854, p value 0,005 <0,05 ), dengan kepuasan kerja dokter spesialis. Hasil analisis multivariat menunjukkan adanya pengaruh bersamasama faktor kolaborasi perawat yang meliputi persepsi tentang kemampuan perawat dalam menjalankan tugas rutin klinis (Exp(B) 58,293. p value 0,000 < 0,05), dan persepsi tentang komunikasi perawat – dokter (Exp(B) 4,375. p value 0,049 < 0,05), terhadap kepuasan kerja dokter spesialis.Persepsi tentang kemampuan perawat melaksanakan tugas rutin klinis merupakan factor kolaborasi perawat yang paling berpengaruh terhadap kepuasan kerja dokter spesialis karena mempunyai nilai Exp(B) yang tertinggi yaitu 58,293 Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh bersama –sama factor kolaborasi perawat terhadap kepuasan kerja dokter spesialis, meliputi persepsi tentang kemampuan perawat dalam menyelesaikan tugas rutin klinis perawat, dan persepsi tentang komunikasi perawat-dokter.Saran untuk manajemen paviliun Garuda, untuk meningkatkan kemampuan perawat dalam melaksanakan tugas rutin klinis dan komunikasi perawat dengan dokter agar kolaborasi perawat – dokter semakin baik sehingga pelayanan lebih efektif dan efisien. Based on 2005 visitation data known that average of Bed Occupancy Rate (BOR) of the Garuda Pavilion Kariadi Hospital was still about 53,05%. This was lower than standard National of Ministry of Health BOR which is 70-80%. Attemps to increase BOR is to improve service management of patient recovery through factors associated to care service. One of the care service factors that influence patient’s recovery is nursephysician collaboration factor. Although on average nurses at Garuda Pavilion were DIII (Nursing College) but there were still complains from specialists that some nurses have to improve skill, hospitality and communication, so this can influence specialist’s work satisfaction. Purpose of this study was to analyze influence of the nurse collaboration factors to the specialist’s work satisfaction at inpatient unit of the Garuda Pavillion dr. Kariadi Hospital Semarang. This study was observational with survey method to explain the relation of dependent and independent variables. This was a cross- sectional study. Population of this study was 100 specialists that ever practice at inpatient unit of the Garuda Pavilion dr. Kariadi Hospital. Sample size was 60, based on inclusion criteria to physicians who at least 3 times managing inpatient at the Garuda Pavillion. Bivariate analysis in this study was chi-square analysis. For multivariate analysis we used logistic regression analysis. Bivariate analysis result shows association between perception of the nurse’s capacity and skill (X² = 17.019, p value 0.000 < 0.05), perception about nurse’s capability to do physician’s delegation duty (X² = 13.015, p value 0.0001 < 0.05), perception about nurse’s capability in cinical routine duty (X² = 25.321, p value 0.0001 < 0.05), perception on the nurse’s hospitality and attendance in visit (X² = 5.288, p value 0.021 < 0.05), and perception about nurse- physician communication (X² = 7.854, p value 0.005 < 0.05), with specialist’s work satisfaction. Multivariate anaysis result suggest existence of simultaneous influence of the nurse collaboration factor include perception about nurses capability in clinical routine duty (Exp(B) 58.293, p value 0.000 < 0.05). and perception on nurse- physician communication (Exp(B) 4.375, p value 0.000 < 0.05), to spcialist’s work satisfaction. Perception of nurse’s capability to do clinical routine is a nurse collaboration factor that most influencing to the specialist’s work satisfaction for having highest Exp(B) rate, 58.293. Conclusion of this study, there is simultaneous influence of nurse collaboration factor to the specialist’s work satisfaction include perception about nurse’s clinical routine duty, and perception about nurse- physician communication. Advice for the Garuda Pavilion Management is to increase nurse’s capability to do clinical routine duty and nurse- physician communication therefore the nurse- physician collaboration would be better so the service would be more effective and efficient.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Epidemiology
ID Code:16276
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Jul 2010 13:40
Last Modified:08 Jul 2010 13:40

Repository Staff Only: item control page