FaktorFaktor yang Menghambat Masyarakat dalam Melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Dusun Krajan Desa Jambon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan

Fitriani, Nur (2007) FaktorFaktor yang Menghambat Masyarakat dalam Melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Dusun Krajan Desa Jambon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

363Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

932Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

4030Kb

Abstract

PSN merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah dan memberantas penyakit DBD. Namun dalam kenyataannya, belum semua masyarakat mau berperan aktif untuk melakukan PSN. Banyak faktor yang menghambat masyarakat dalam melakukan PSN, meliputi predisposing factor, enabling factor, dan reinforcing factor. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang faktorfaktor yang menghambat masyarakat dalam melakukan PSN di dusun Krajan, desa Jambon, kecamatan Pulokulon, kabupaten Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 182 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor tertinggi yang menghambat masyarakat dalam melakukan PSN, yaitu faktor kebijakan pemerintah sebanyak 20%, kemudian diikuti faktor ketersediaan dan keterjangkauan sarana dan faktor sikap petugas kesehatan yang menduduki posisi sama, yaitu 18%, selanjutnya faktor motivasi dalam melakukan PSN sebesar 16%, faktor sikap pemerintah desa sebesar 12%, faktor penghasilan masyarakat sebesar 8%, dan yang terakhir faktor pengetahuan tentang PSN dan faktor sikap terhadap PSN sebesar 4%. Banyak faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam melakukan PSN sehingga diperlukan penanganan secara menyeluruh serta kerja sama lintas sektor dan lintas bidang untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan PSN.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:faktor penghambat, PSN
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:16275
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:09 Jul 2010 13:40
Last Modified:09 Jul 2010 13:40

Repository Staff Only: item control page