ANALISIS KESESUAIAN TIME TABLE DENGAN PERMINTAAN JASA ANGKUTAN PENUMPANG UMUM ( Kasus Trayek AKDP Tegal – Purwokerto PP )

SAHRI, AGUS (2007) ANALISIS KESESUAIAN TIME TABLE DENGAN PERMINTAAN JASA ANGKUTAN PENUMPANG UMUM ( Kasus Trayek AKDP Tegal – Purwokerto PP ). Masters thesis, program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1335Kb

Abstract

Penentuan time table angkutan umum (bus) dengan kasus trayek Tegal- Purwokerto mempunyai pengaruh penting bagi pemakai jasa angkutan, operator angkutan umum maupun bagi pemakai jalan lain, Bagi calon penumpang yaitu dalam waktu tempuh perjalanan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya jumlah penumpang yang naik dalam terminal, jumlah penumpang yang naik dalam kota, jumlah penumpang yang naik dan turun luar kota, waktu tunggu penumpang dalam kota dan waktu tunggu penumpang luar kota. Tujuan penelitian ini adalah mencoba untuk mengetahui faktor-faktor penentu atau kriteria penentuan waktu tunggu operator dan calon penumpangnya sehingga didapat kesesuaian waktu, dengan demikian diharapkan pemanfaatan fungsi terminal lebih optimal, serta terjaminnya kelayakan usaha angkutan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survai dan analisis uji statistik serta menggunakan formulasi teori antrian. Survai yang dilakukan meliputi : survai jumlah penumpang yang berangkat dari terminal, jumlah bus yang berangkat dari terminal, waktu tunggu di terminal dan waktu operasional dalam kota. Data lain yang digunakan diperoleh dari data sekunder adalah data geometrik jalan (karakteristik ruas jalan), data trayek angkutan umum (rute dan frekuensi) dan data fasilitas di terminal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Independen yaitu jumlah penumpang dalam terminal, jumlah penumpang dalam kota, jumlah penumpang luar kota, waktu tunggu penumpang dalam kota dan waktu tunggu penumpang luar kota sangat mempengaruhi variabel dependen yaitu waktu tunggu penumpang di terminal, dari uji statistik apabila antara variabel Independen dengan variabel dependen sesuai maka data tersebut tidak dapat digunakan dalam penelitian sehingga dibutuhkan kesesuaian time table dengan permintaan jasa angkutan penumpang umum dengan kasus trayek AKDP Tegal – Purwokerto dan waktu yang ideal pada trayek Tegal- Purwokerto adalah 22 menit. Dalam seminggu jumlah rata-rata penumpang dalam terminal adalah sebanyak 2 orang dimana jumlah penumpang rata-rata penumpang tertinggi pada hari jum’at yaitu sebanyak 4 orang, jumlah penumpang dalam kota 10 orang dan tertinggi terjadi pada hari jum’at yaitu sebanyak 12 orang penumpang, jumlah penumpang luar kota 35 orang dan tertinggi terjadi pada hari selasa yaitu sebanyak 42 orang penumpang, waktu tunggu penumpang dalam kota sebesar 23,31 menit, waktu tunggu penumpang di terminal sebesar 9,07 menit dan dari hasil penelitian rata-rata waktu operasional bus trayek Tegal-Purwokerto adalah sebesar 195,85 menit. Sebagai hasil akhir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa di terminal perlu adanya penyesuaian time table dengan permintaan jasa angkutan umum untuk mengoptimalkan pelayanan di terminal. Time table determination of public transportation (bus) Tegal-Purwokerto route case gives important meaning to users, public transportation operator or other road users. Especially for user, trip period is influenced by several factors such as number of passengers who get on the bus in bus station, number of passengers in-town, out of town passenger number who get on and off, waiting period of passengers in town and waiting period of passengers out of town. The aim of this research is trying to find out the determination factors or determination criteria of operators waiting period and their passengers. So there will meet the right time, therefore there will be optimized of bus station function, also transportation business feasibility. This research was carried out by using survey method and statistic test analysis and also queue theory formula. The surveys committed include : number of passengers who depart from bus station, number of buses which depart from bus station, waiting period in bus station and operation time in town. Other data used, collected from secondary data is geometric road data (road character), public transportation route data (route and frequency) and facilities in bus station data. The result or research shows that independent variable such as number of passenger in bus station, number of passenger in town, number of passenger out of town, waiting period of passengers in town and waiting period of passengers out of town are really influence dependant variable that is passenger waiting period in bus station. From statistic test, if between independent and dependant variable are match, so that can’t be used in research, so there will need adjustment between time table and demand of public transportation needs in the case of Tegal-Purwokerto route. The best period of this route is 22 minutes. In a week, passenger average number in bus station is two persons, the biggest number of passenger is four persons, in town passenger is ten persons. The biggest number of passenger is on Fridays 12 persons, out of town passenger is 35 persons and the biggest number on thuesdays is 42 persons. In-town passengers waiting period 23.31 minutes; passenger waiting period in bus station is 9.07 minutes. From the research shows that average bus operation period route Tegal-Purwokerto is 195.86 minutes. As the final result of this research concludes that in bus station needs time table adjustment with service demand of public transportation to optimize its service in bus station.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Civil Engineering
ID Code:16268
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Jul 2010 12:41
Last Modified:08 Jul 2010 12:41

Repository Staff Only: item control page