RIYARDI, AGUNG (2008) FULL COST PRICING, POSISI PASAR DAN ASPIRASI KREDITOR : STUDI KASUS DI PDAM EKS KARESIDENAN SURAKARTA. PhD thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF 520Kb | |
| PDF 240Kb | |
PDF Restricted to Repository staff only 1077Kb |
Abstract
Full cost pricing jangka pendek berbentuk kenaikan harga air lebih dari satu kali dengan jangka waktu antar kenaikan harga tidak terlalu lama. Full cost pricing jangka pendek merupakan perilaku memanfaatkan posisi pasar dan memenuhi aspirasi kreditor. Penelitian ini mengamati full cost pricing PDAM menggunakan teori Perusahaan Neoklasik yang menyatakan bahwa perusahaan dengan aspirasi pemilik memiliki orientasi mengeksploitasi posisi pasar dan teori Behavioral yang menyatakan bahwa perusahaan dengan dominasi aspirasi selain pemilik, memiliki orientasi memenuhi aspirasi selain pemilik Teori Perusahaan Neoklasik mencakup teori monopoli alamiah dan monopoli, teori biaya, harga, dan produksi,. Teori Behavioral mencakup Attaintment Discrepancy Model. Penelitian ini menggunakan data bulanan dan data tahunan. Data bulanan PDAM kota Surakarta, kabupaten Wonogiri, Sragen dan Klaten sejak tahun 2004 hingga 2005 yang diolah berdasarkan lima persamaan regresi panel data fixed effect digunakan untuk menganalisis teori Perusahaan Neoklasik. Data tahunan sejak tahun 2000 hingga 2005 seluruh PDAM di eks Karesidenan Surakarta yang diolah menggunakan persamaan regresi panel data fixed effext berbasis teori ADM digunakan untuk menganalisis teori Behavioral. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) PDAM berbeda dengan teori Perusahaan Neoklasik dan teori Behavioral sebab PDAM berada pada posisi pasar monopoli alamiah dan menetapkan harga full cost pricing jangka pendek sebagai aspirasi dari kreditor. 2) Terdapat berbagai perbaikan manajerial di PDAM dan 3) Terdapat peta jalan untuk meningkatkan kinerja PDAM. Penelitian ini menyarankan supaya full cost pricing jangka pendek sebagai aspirasi kreditor dijadikan sebagai cara melakukan perbaikan manajerial untuk menyelesaikan masalah keuntungan yang memburuk atau kerugian yang meningkat bersama-sama dengan perbaikan manajerial yang lain seperti produktivitas input, mengurangi tingkat kehilangan air, berpindah menuju pasar yang lebih kompetitif, atau merger. Short run full cost pricing of PDAM in Surakarta Regency is done by raising water price once in-between the price increase in a given period of time. It is a behavior for exploiting market position and fulfilling creditor aspiration. This research exercised short run full cost pricing in PDAM using a neoclassic theory of the firm stating that a firm with an owner’s aspiration had an orientatition to exploit market position and behavioral theory stating that a firm with a non-owners aspirations had an orientatition to fulfill the most dominant aspiration. Including to the neoclassic theory of the firm was the theory of natural monopoly and monopoly, cost, price, and production. Including to behavioral theory was the Attaintment Discrepancy Model (ADM). This research used monthly and yearly data. The Monthly data from 2004 to 2005 of PDAM in Surakarta city, Klaten, Sragen and Wonogiri municipality was used with five fixed effect panel data regression equation to analyse the neoclassic theory of the firm. The yearly data from 2000 to 2005 of PDAM in Surakarta regency was used with fixed effect panel data regression equations based on ADM to analyse the behavioral theory. The findings of the research showed that 1) PDAM differed from the neoclassic theory of firm and the behavioral theory because it was in natural monopoly market position but fixed a short run full cost pricing as a creditor aspiration. 2) There are many managerial reforms in PDAM 3) There is a road map that can be used to improve performance of PDAM. This research recommended that short run full cost pricing as an aspiration of creditor can be used to improve deteriorating profits or a financial losses along with others managerial reforms like inputs productivity increasing, water losses decreasing, moving to more competitive market position, or merger.
Item Type: | Thesis (PhD) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Doctor Program in Economics |
ID Code: | 16241 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 08 Jul 2010 11:23 |
Last Modified: | 26 Apr 2011 09:56 |
Repository Staff Only: item control page