Kusumo, Agung Raharjo Wibowo (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INOVASI PRODUK UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA INDUSTRI BATIK SKALA BESAR DAN SEDANG DI KOTA DAN KABUPATEN PEKALONGAN). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 355Kb |
Abstract
Batik industry is an industry sector that become the reliance of both local and export market especially post the reduction of textile sector, post the elimination of quota, the increase of gasoline fuel and basic electricity tariff. This research aims to analyze factors that influence product innovation to create competitive superiority to increase marketing performance. To create the product innovation, the company needs to create innovation through market orientation and technology orientation. Research problem that is accomplished to know the process of improving marketing performance. Based on the case, a theoretical model and 4 hypotheses are accomplished to be tested using Structural Equation Model (SEM). The sample of this research is 130 Batik company that belong to medium and large scale industry in city and town Pekalongan. From the result of this analysis, Structural Equation Model has fulfilled criteria of Goodness Fit Index; X2 (chi square) 105.032; probability 0.069; RMSEA 0.043; GFI 0.913; AGFI 0.877; TLI 0.982; CFI 0.985. The result shows that marketing performance can be improved through competitive superiority that the competitive superiority can be created by doing product innovation. Factors influenced to the product innovation are market orientation and technology orientation. Industri batik merupakan sektor industri yang menjadi andalan untuk pasar lokal maupun ekspor terutama pasca sektor tekstil yang mengalami penurunan pasca penghapusan kuota, kenaikan bahan bakar minyak dan tarif dasar listrik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi inovasi produk untuk menciptakan keunggulan bersaing guna meningkatkan kinerja pemasaran. Untuk menciptakan inovasi produk perusahaan dapat menciptakan inovasi melalui orientasi pasar dan orientasi teknologi. Masalah penelitian diajukan untuk mengetahui bagaimana proses meningkatkan kinerja pemasaran. Atas dasar ini diajukan model teoritis dan 4 hipotesis untuk diuji dengan metode SEM. Sampel penelitian ini adalah 130 perusahaan yang termasuk ke dalam industri batik skala besar dan sedang di Kota dan Kabupaten Pekalongan. Hasil analisis SEM memenuhi criteria Goodness of Fit Index ; X2 (chi square) 105.032, probability 0.069 (≥0.05), RMSEA 0.043 (≤0.08), GFI 0.913 (≥0.90), AGFI 0.877 (≥0.90), TLI 0.982 (≥0.95), CFI 0.985 (≥0.985). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pemasaran dapat ditingkatkan melalui keunggulan bersaing dimana keunggulan bersaing dapat tercipta dengan melakukan inovasi produk. Faktor yang berpengaruh terhadap inovasi produk adalah orientasi pasar dan orientasi teknologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 16236 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 08 Jul 2010 11:15 |
Last Modified: | 08 Jul 2010 11:15 |
Repository Staff Only: item control page