ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PREDIKTOR ORGANISASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Study Kasus pada PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta)

Haryanti, Agapita Sri (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PREDIKTOR ORGANISASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Study Kasus pada PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
353Kb

Abstract

This research analyze predictors of learning organization to increase employee performance in PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta. The research problem are what predictors of learning organization. This research builds a model and five hypotheses to answer the research problem. Respondents of this research are 106. Respondents are employee of PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta. This research uses Structural Equation Modeling (SEM) under AMOS 5.0 program as analysis tools. The data analysis result of this research shows that research model and result can be accepted. The result of the research proves that training and education, information flow, and vision and strategy have positive and significant influence to learning organization. Moreover, learning organization has positive and significant influence to employee performance. The higher training and education, information flow, and vision and strategy, the higher employee performance through the learning organization. Based on the results of the research could be taken theoretical implications that this research gives more justifications for antecedents positively influence learning organization, i.e.: training and education, information flow, and vision and strategy. Managerial implications of this research are suggestions to PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta to pay more attention to vision and strategy because this factor is the most dominant factor to build learning organization. Limitation of this research is using data only from employee in PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta. Further research need to develop the model in different branch and adding predictor of learning organization. Penelitian ini menganalisis prediktor-prediktor dari organisasi pembelajaran untuk meningkatkan kinerja karyawan di PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta. Rumusan masalahnya adalah apa prediktor dari organisasi pembelajaran. Penelitian ini mengembangkan model penelitian dan lima hipotesis guna menjawab permasalahan yang ada. Responden dalam penelitian ini sebanyak 106 orang. Para responden tersebut merupakan para karyawan di PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan melalui AMOS 5.0 sebagai alat analisisnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dan hasilnya dapat diterima. Hasil penelitian membuktikan bahwa pelatihan dan pengembangan, aliran informasi, visi dan strategi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap organisasi pembelajaran. Selanjutnya, organisasi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Semakin tinggi pelatihan dan pengembangan, aliran informasi, visi dan strategi maka akan semakin meningkat kinerja karyawan melalui organisasi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini maka implikasi teoritis yang dapat memberikan justifikasi yang lebih kuat bagi anteseden yang mempengaruhi organisasi pembelajaran, seperti pelatihan dan pengembangan, aliran informasi, visi dan strategi. Implikasi manajerial menyarankan agar PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta lebih memberikan perhatian terhadap visi dan strategi karena faktor ini merupakan faktor yang paling dominan untuk membangun organisasi pembelajaran. Keterbatasan penelitian adalah penggunaan data yang hanya berasal dari para karyawan di PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta. Penelitian mendatang perlu mengembangkan model ini pada cabang yang berbeda dan menambahkan prediktor dari organisasi pembelajaran.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:16212
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Jul 2010 10:44
Last Modified:08 Jul 2010 10:44

Repository Staff Only: item control page