ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PASAR TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN ASING YANG TERCATAT DI BEJ PERIODE JULI 2004 - JUNI 2007

PUTRO, Eko Hastomo and HARYANTO, Mulyo (2009) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PASAR TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN ASING YANG TERCATAT DI BEJ PERIODE JULI 2004 - JUNI 2007. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Jurusaan Manajemen .

[img]
Preview
PDF - Published Version
38Kb

Abstract

Harga saham merupakan salah satu parameter pengukuran kinerja dari sebuah organisasi atau dalam penelitian ini sebuah perusahaan. Harga saham mengindikasikan seberapa besar saham perusahaan yang bersangkutan diminati oleh masyarakat. Harga saham yang relatif tinggi di pasar modal, dalam penelitian ini di Bursa Efek Jakarta (BEJ) sebagian dicapai oleh perusahaan -perusahaan asing. Dari data laporan Indonesian Capital Market Directory 2001 -2003 sebagian besar saham perusahaan asing mendominasi peringkat-peringkat atas dalam sektor industri. Selanjutnya, penelitian ini mencoba menjelaskan apakah ada hubungan antara perubahan harga saham dengan faktor pasar. Obyek dalam penelitian ini adalah saham-saham perusahaan asing yang terdaftar di BEJ meliputi sektor Animal feed & Husbandry, Mining & Mining Service, Construction, Transportation dan Manufacturing. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory 2001-2003. Pengambilan sampel dilakukan deng an cara purposive sampling dengan memilih harga saham perusahaan yang tertinggi disetiap sektor dan /atau subsektornya pada periode Juli 2001 -Juni 2004. Dilanjutkan dengan menganalisis variabel-variabel independennya yaitu : spread, frekuensi perdagangan, volume perdagangan, jumlah hari perdagangan, dan kapitalisasi pasar dengan harga saham sebagai variabel dependennya. Analisis penelitian ini menggunakan metode regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh spread, frekuensi perdagangan, volume perdagangan, jumlah hari perdagangan dan kapitalisasi pasar terhadap harga saham perusahaan asing. Dari hasil pengukuran uji signifikansi parameter individual, diketahui bahwa variabel spread mempengaruhi perubahan harga saham asing secara positif sebesar 0,0%, frekuensi perdagangan mempengaruhi perubahan harga saham asing secara positif sebesar 4%, volume perdagangan berpengaruh positif sebesar 3,8%, sedangkan variabel jumlah hari dan kapitalisasi pasar berpengaruh positif terhadap harga saham asing sebesa r 0,0% dengan menghasilkan persamaan regresi Y = 2,865 + 0,465 1 X + 0,207 2 X + 0,023 3 X + 0,230 4 X + 0,302 5 X Kata kunci : Harga saham, spread, frekuensi perdagang an, volume perdagangan, jumlah hari perdagangan, dan kapitalisasi pasar.

Item Type:Other
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Faculty of Economics and Business > Department of Management
ID Code:16205
Deposited By:Mr. Perpustakaan Fakultas Ekonomi
Deposited On:08 Jul 2010 10:50
Last Modified:08 Jul 2010 10:50

Repository Staff Only: item control page