Kinerja Humas Dinperindag Prov. Jateng dalam mengoptimalkan Media Website Sebagai Media Komunikasi Dan Promosi Produk Industri UMKM.

Anas, Muhammad (2010) Kinerja Humas Dinperindag Prov. Jateng dalam mengoptimalkan Media Website Sebagai Media Komunikasi Dan Promosi Produk Industri UMKM. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
13Kb

Abstract

Ilmu pengetahuan yang paling banyak digunakan saat ini adalah sistem informasi yang berbasis web, sebab banyak masyarakat yang telah familiar yang menggunakan web. Web digunakan oleh perusahaan sebagai media promosi, selain oleh pemerintah digunakan untuk memberikan informasi kepada mayarakat secara lebih luas, karena biayanya lebih murah dan lebih efektif. Informasi yang di muat di media, salah satunya media website sebagai alat komunikasi dan promosi inilah yang membantu bagaimana mengetahui apa saja yang ada di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah sebagai sarana untuk mempromosikan produk hasil olahan indutri UMKM jaringan Jawa Tengah. Kegiatan Public Relations harus lebih ditingkatkan khususnya pemanfaatan media cyber dan pemasaran langsung melalui komunikasi interpersonal untuk lebih berperan aktif agar peran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah sebagai pelaksana sektor industri dan ekonomi dapat memajukan perindustrian dan perdagangan disetiap daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Humas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah dalam mengoptimalkan media website sebagai media komunikasi dan promosi produk industri UMKM Dinperindag jaringan Jawa tengah. Metode yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dan pengumpulan data dengan mencari informasi dari catatan atau dokumen yang ada dan dianggap relevan dengan masalah penelitian. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dokumen-dokumen, file atau arsip dari Dinas Perindustriam dan Perdagangan Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Bagian kehumasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan program media website, sehingga media komunikasi internal dan eksternal yang digunakan mampu menimbulkan komunikasi dua arah yang baik antar pegawai, staff, dan stakeholder / masyarakat luas. Peran Humas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah dalam melaksanakan setiap program, yaitu media website yaitu sebagai fasilitator komunikasi. Humas bertindak sebagai komunikator atau mediator antara Dinperindag Jateng dengan stakeholder atau masyarakat. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah melayani permintaan informasi dari stakeholder eksternal, seperti pemberian perijinan pendirian usaha dan membantu mempromosikan usaha kecil menengah sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan fungsi komunikasi dengan stakeholder. Humas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah juga membina hubungan baik dengan stakeholder eksternal melalui hubungan kemitraan dengan para pengusaha.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:16187
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:08 Jul 2010 10:25
Last Modified:08 Jul 2010 10:25

Repository Staff Only: item control page