ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PEMBELAJARAN, ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empiris Pada Industri Kecil dan menengah Produk Makanan di Propinsi Bengkulu)

Sismanto, Adi (2006) ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PEMBELAJARAN, ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empiris Pada Industri Kecil dan menengah Produk Makanan di Propinsi Bengkulu). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
332Kb

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah ada pengaruh dari peran orientasi pembelajaran, orientasi pasar, inovasi terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja Pemasaran Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah industri kecil dan menengah produk makanan yang ada di Propinsi Bengkulu.. Sampel dari penelitian ini adalah pengusaha industri kecil dan menengah yang ada di Propinsi Bengkulu yang terdiri dari beberapa kabupaten diantaranya (Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Bengkulu Selatan) Penentuan jumlah sampel menggunakan pruposive sampling. Jumlah sampel adalah 100 pengusaha/Industri. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jawaban skala 1 (Sangat tidak setuju) sampai dengan 10 (Sangat setuju). Data dianalisis dengan menggunakan SEM melalui program AMOS 4,01. Hasil komputasi untuk menguji model yang diajukan menunjukkan hasil yang dapat diterima dengan goodness of fit, yaitu chi-square = 100.096; probabilitas = 0.126 ; GFI = 0.882 ; AGFI = 0.833 ; TLI = 0.956 ; CMIN/DF = 1.178 ; dan RMSEA = 0.042. Semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif dari peran orientasi pembelajaran, orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada industri kecil dan menengah produk makanan di Propinsi Bengkulu menunjukkan bahwa inovasi dapat ditingkatkan melalui orientasi pembelajaran dan orientasi pasar, dimana inovasi produk dan keunggulan bersaing yang dihasilkan oleh perusahaan dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Agenda penelitian yang akan datang hendaknya menelitih industri kecil dan menengah yang lain. Intention of the research is to test what is there influnce of learning oriantation, market oriented and innovation to copetitive adventage to marketing performance. Population which selected inthis research middle an small industry exist in province of Bengkulu sampel of this research middle and small industry entrepreneur exist in province of Bengkuluwhich consist of same sub-privince among other (Town Bengkulu, sub province of rejang lebong, sub province of Bengkulu, sub-propince an south of Bengkulu north). Determination of amount of sampel use sampling propuse amount of sampel is 100 company/industry. Data collecting use kuesioner with scale answer 1 (very disagree) up to 10 (very agree). Data analysed by using SEM poes/through program AMOS 4.01. Result of computerization for the wxamination of reserch model show result of table to be accepted with goodness of fit, that is Chi_Square = 100.096, probabilitas = 0.126, GFI = 0.882, AGF = 0.833, TLI = 0.956, DMIN/DF = 1.178, dam RMSEA = 0.042. all hypothesis can be accepted by after to analyse SEM motter this means there are influence which are pasitive from note of learning orientation, market oriented and innovation to competitive adventage to increase marketing performance.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:16158
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Jul 2010 09:53
Last Modified:08 Jul 2010 09:53

Repository Staff Only: item control page