PENGARUH KELUARGA, SEKOLAH DAN MEDIA MASSA TERHADAP TINGKAT SOSIALISASI POLITIK PELAJAR (SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI 3 DAN SMA PGRI 1 SAMPIT KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR PROPINSI KALIMANTAN TENGAH)

Teguh Prasetyo, Eko (2010) PENGARUH KELUARGA, SEKOLAH DAN MEDIA MASSA TERHADAP TINGKAT SOSIALISASI POLITIK PELAJAR (SUATU PENELITIAN DI SMA NEGERI 3 DAN SMA PGRI 1 SAMPIT KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR PROPINSI KALIMANTAN TENGAH). Undergraduate thesis, Fisip Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
20Kb

Abstract

Proses sosialisasilah yang membuat seseorang menjadi mengerti bagaimana seharusnya seseorang bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya. Proses sosialisasi membawa seseorang dari keadaan belum tersosialisasi menjadi masyarakat dan beradab. Melalui sosialisasi, seseorang secara berangsur-angsur mengenal persyaratan-persyaratan dan tuntutan-tuntutan hidup di lingkungan budayanya. Sosialisasi merupakan proses pembelajaran atau pendidikan insan-insan politik. Dalam proses sosialisasi ini melibatkan peran serta dan hubungan agen-agen sosialisasi politik yang dipandang mempunyai kewajiban penuh dalam hal pembelajaran dan pengetahuan tentang politik. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh antara agen-agen sosialisasi politik terhadap tingkat sosialisasi politik seseorang, dimana penelitian ini menggunakan agen-agen sosialisasi politik keluarga, sekolah dan media massa terhadap tingkat sosialisasi politik pelajar. Dengan menggunakan objek telaahan penelitian eksplansi (eksplanatory reaseach) yang ingin mengetahui hubungan antara variabel yang di hipotesiskan. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan teknik analisa regresi. Untuk dapat memperoleh data, penulis melakukan pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, dimana populasinya adalah siswa dari dua SMA yang berbeda yang diteliti yaitu sebanyak 1.750 siswa. Kuesioner dibagikan kepada siswa SMA melalui penentuan sampel yang dilakukan dengan Teknik Cluster Sampling (cluster dapat diartikan rumpun) pengambilan sampel secara acak dengan perbedaan bahwa setiap unitnya adalah kumpulan atau claster dari pada unsur-unsur, sampel berdasarkan rumpun atau kumpulan sebanyak 90 siswa/responden. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara keluarga (X1) dengan sosialisasi politik (Y), kemudian ada pengaruh dari sekolah (X2) terhadap sosialisasi politik (Y) dan adanya pengaruh dari media massa (X3) terhadap sosialisasi politik (Y). Adapun besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel keluarga, sekolah dan media massa secara simultan terhadap sosialisasi politik sebesar 27,40%, sedangkan sisanya sebesar 72,60%. Hal ini berati, sebesar 27,40% faktor pembentuk sosialisasi politik pelajar dipengaruhi oleh keluarga, sekolah dan media massa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JA Political science (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:16129
Deposited By:Pemerintahan Admin
Deposited On:08 Jul 2010 09:37
Last Modified:08 Jul 2010 09:37

Repository Staff Only: item control page