FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRAKTEK PENGUNGKAPAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIK

Zaenuddin, Achmad (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRAKTEK PENGUNGKAPAN SOSIAL DAN LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIK. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
233Kb

Abstract

Inclination toward social and environmental consciousness has chances competition attitude and profit oriented into social orientation. Management as an agent, could no avoid the truth from the impact from compactivity, which are not only generating profit and increasing share price but also bring abaut social impact such as ecological destruction, pollution and social deseases such discrimination and crime and all of these are company social responsibility. The study objective is to analyze the effect of corporate characteristics : size, type of industry and profitability toward social and environmental disclosure in annual reports of companies in Indonesia. The disclosure themes included are : environment, energy, product / consumer, employee (health and safety) and general. The sample of these stydy are 60 go public manufactur company in Jakarta Stock Exchange that have announced annual reports for 2005. The data analysis used in multiple regression analysis. The results show that the corporate size (net sales) has no affect the social and environmental disclosure. On the other hand, type of industry affect positive significant toward social and environmental disclosure, and profitability (ROA) affect negative significant toward social and environmental disclosure. Kecenderungan akan kesadaran sosial dan lingkungan telah membawa perubahan sikap dari orientasi laba menuju orientasi sosial yang dilakukan perusahaan. Manajemen sebagai agen tidak bisa menghindari kenyataan akan dampak dari aktivitas perusahaan yang tidak hanya menghasilkan laba / menaikkan harga saham, tetapi juga menimbulkan dampak sosial dan lingkungan seperti kerusakan ekosistem, polusi dan penyakit sosial seperti diskriminasi dan kriminalitas yang semuanya merupakan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan : ukuran perusahaan, tipe industri dan profitabilitas terhadap pengungkapan sosial dan lingkungan dalam laporan tahunan perusahaan di Indonesia. Tema pengungkapan meliputi : lingkungan, energi, produk / konsumen, kesehatan dan keamanan karyawan, karyawan lain dan umum. Sampel penelitian adalah 60 perusahaan manufaktur go publik di Bursa Efek Jakarta yang menyampaikan laporan tahunan 2005. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ukuran perusahaan (penjualan bersih) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sosial dan lingkungan. Sedangkan tipe industri berpengaruh positif signifikan, dan profitabilitas (ROA) berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan sosial dan lingkungan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:16106
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Jul 2010 08:59
Last Modified:08 Jul 2010 08:59

Repository Staff Only: item control page