STUDI EMPIRIS TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA AKHIR ATAS APLIKASI SISTEM AKUNTANSI INSTANSI DAN SISTEM AKUNTANSI ASET TETAP PADA JAJARAN KANWIL DEPARTEMEN AGAMA PROVINSI JAWA TENGAH

Jalil, Abdul (2008) STUDI EMPIRIS TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA AKHIR ATAS APLIKASI SISTEM AKUNTANSI INSTANSI DAN SISTEM AKUNTANSI ASET TETAP PADA JAJARAN KANWIL DEPARTEMEN AGAMA PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
413Kb

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk meneliti pengaruh dari pelayanan dan Sataf EDP Pengetahuan dan keterlibatan pemakai karakteristik produk, kemudahan penggunaan dan kepuasan atas sufat system terhadap kepuasan total pemakai system informasi pada Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah. Latar belakang penelitian adalah penerapan SAI dan SAAT pada Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah. Penerapan ini mempunyai dampak yang signifikan karena di Departemen Agama kebanyakan pegawai tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi dan mungkin mengalami kesulitan untuk menerapkan system akuntansi yang baru. Beberapa uji statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan realiabilitas kemudian uni ekonometrik, dan analisis regresi berganda. Hasil dari pengujian normalitas semua variable memenuhi asumsi normal. Hasil pengujian terhadap asumsi klasik menyimpulkan bahwa model memenuhi asumsi klasik sehingga analisis regresi dapat dilakukan. Hasil dari analisis regresi menunjukkan bahwa pelayanan dan staf EDP, karaktersitik system, memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan total pemakai system. Dilain pihak Pengetahuan dan keterlibatan pemakai, produk system informasi, dan kemudahan penggunaan memiliki pengaruh negatif terhadap kepuasan total pemakai system informasi This research try to investigate the impact of EDP staff and Service, user knowledge and user involvement, product characteristics, ease of use, and system characteristics satisfaction to total satisfaction of system information user in Central Java Regional Office of Religion Department. Background of research is the application of Office Accounting System, and Fixed Asset Accounting System in Religion Department. This application has many implication because in Religion Department, most of personal staff does not have accounting education, and may have difficulties to implement new accounting system. Statistical test used in this research including validity and reliability test, econometric test, and correlation and regression analysis. The result from any statistical test presenting that EDP Staff and Service, user knowledge and user involvement, product characteristics, and ease of use has positive impact to total satisfaction of system information user. System characteristics satisfaction also has positive impact on total satisfaction of system information user. This result also has support to theoretical framework and previous research that EDP staff and Service, user knowledge and user involvement, product characteristics, ease of use, and system characteristics satisfaction has positive impact on total satisfaction of system information user

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:16086
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:08 Jul 2010 08:00
Last Modified:08 Jul 2010 08:00

Repository Staff Only: item control page