Efektivitas Pemberian Terapi Tertawa Dalam Menurunkan Tekanan Darah Pada Pasien Dengan Hipertensi Di Puskesmas Pembantu Bulusan Tembalang

Khristina, Khristina (2008) Efektivitas Pemberian Terapi Tertawa Dalam Menurunkan Tekanan Darah Pada Pasien Dengan Hipertensi Di Puskesmas Pembantu Bulusan Tembalang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
76Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Terapi tertawa yang diberikan selama 15-20 menit dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi dan setiap penurunan tekanan darah 5 mmHg pada penderita hipertensi diperkirakan mampu menurunkan mortalitas akibat akibat stroke sekitar 14% dan akibat penyakit jantung koroner 7%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik sebelum dan 15 menit sesudah pemberian terapi tertawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pre test and post test design tanpa group kontrol. Sampel menggunakan total populasi berjumlah 21 orang di wilayah kerja Puskesmas Pembantu Bulusan Tembalang. Efektivitas pemberian terapi tertawa untuk menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi dianalisis dengan menggunakan uji statik t-test.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:terapi tertawa, hipertensi, tekanan darah
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:16045
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Jul 2010 14:13
Last Modified:07 Jul 2010 14:13

Repository Staff Only: item control page