PERBEDAAN KONSENTRASI GAS NO2 SETELAH MELALUI ALAT TOWER SPRAY JET PADA PROSES PEMURNIAN EMAS DI KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN (STUDI LABORATORIUM)

JUNAIDI, JUNAIDI (2000) PERBEDAAN KONSENTRASI GAS NO2 SETELAH MELALUI ALAT TOWER SPRAY JET PADA PROSES PEMURNIAN EMAS DI KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN (STUDI LABORATORIUM). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
27Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Perajin pemurnian emas di Kabupaten Kalimantan Selatan paling sedikit mengerjakan emas 288.000 gr per th dan diperkirakan mengemisikan gas NO2 sebanyak 147,2Kg pertahun. Sampai saat ini tidak ada satu perajinpun yang menggunakan alat untuk mengurangi emisi gas tersebut, untuk itu penulis tertarik mendesain sebuah alat pengendali gas NO2 yang selanjutnya disebut Tower Spray Jet dengan beberapa perlakuan didalamnya. Penelitian ini termasuk Explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesa, dengan rancangan. One Group Pretest Postest Design. Emisi gas NO2 dari duplikasi proses pemurnian emas diberi perlakuan dengan semprotan air dan air kapur melalui droplet berupa Nozzle dengan variasi 1,2 dan 3 tingkat. Kedua hal diatas menjadi variabel bebas yang sekligus mempengaruhi penurunan gas NO2. Data hasil penelitian diuji dengan Anova 2 arah untuk mengetahui perbedaan konsentrasi emisi gas NO2 pada berbagai perlakuan. Hasil percobaan menunjukkan konsetrasi NO2 awal tanpa perlakuan berkisar antara 126,3-164,2 ppm dengan rata-rata 140,4 ppm, setelah diberi perlakuan penyemprotan, diperoleh rata-rata konsentrsi NO2 pada penyemprotan air biasa berkisar antara 22,6-41,88 ppm, sedangkan pada perlkuan semprotan dengan air kapur emisi gas NO2 berkisar antara 7,24-16,02 ppm. Secara deskriptif trjadi pengurangan emisi setelah mendapatkan perlakuan dan pengurangan meningkatr sebanyak 13,5% untuk perlakuan seprotan air kapur dari pada hanya dengan air biasa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan konsentrasi emisi NO2 antar perlakuan jenis air dan tingkatan nozzle serta interaksi antara kedua faktor tersebut pada tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikansi p=0,0000. Kata Kunci: NO2, turun, air nozzle

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:16044
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:07 Jul 2010 14:06
Last Modified:07 Jul 2010 14:06

Repository Staff Only: item control page