Kurniawati, Ernita Mei (2007) Hubungan Pola bermain dengan Perkembangan Kognitif anak Usia Prasekolah Di TK Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
PDF Restricted to Registered users only 3741Kb |
Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id
Abstract
Latar Belakang : Bermain adalah unsur yang penting untuk perkembangan anak baik fisik, emosi, mental, intelektual, kreativitas dan sosial. Salah satu perkembangan yang berkaitan dengan bermain adalah perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif adalah perkembangan mengenai proses pikir, mengamati sehingga anak memperoleh pengertian tentang lingkungan seperti orang, benda, warna dan situasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola bermain dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TK Islam Pangeran Diponegoro Semarang. Metode : Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif non eksperimental dengan rancangan diskriptif korelasi dengan menggunakan pendekatan cros sectional. Jumlah sampel 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian : menunjukkan bahwa pola bermain anak yang tidak baik akan menjadikan perkembangan kognitif tidak baik sebanyak 31 orang (31 %) dibandingkan pola bermain anak yang baik akan menjadikan perkembangan kognitif anak tidak baik sebanyak 19 orang (19 %). Hasil perhitungan dengan uji Chi Square dengan nilai sebesar = 9, 033, dengan signifikansi (p value) = 0,03 Kesimpulan : Menunjukkan bahwa terdapat hubungan pola bermain dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TK Islam Pangeran Diponegoro Semarang (p value < 0,05)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola bermain, perkembangan kognitif, anak usia prasekolah |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing Faculty of Medicine > Department of Nursing |
ID Code: | 16016 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 07 Jul 2010 11:10 |
Last Modified: | 07 Jul 2010 11:10 |
Repository Staff Only: item control page