ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN ROTASI PEKERJAAN TERHADAP MOTIVASI KERJA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DITJEN PAJAK (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Berbasis Administrasi Modern KPP Pratama Semarang Timur)

MANSUR, A. TOLKAH (2009) ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN ROTASI PEKERJAAN TERHADAP MOTIVASI KERJA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DITJEN PAJAK (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Berbasis Administrasi Modern KPP Pratama Semarang Timur). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
402Kb

Abstract

The employees are the important resources for company, because they have skill, power, and creativity which are needed badly by company to reach the goal. The changing of organization culture by applying internal and external policies such as applying ethic code firmly, and employee rotation policy as the consequent of the changing of organization structure is an interesting subject for the object of research. Based on that matter, this research is directed to do “Analysis of the Impact of Organization Culture and Job Rotation Toward Working Motivation to Increase the Work Performance of Tax Directorate General Employee”. To answer the problem given in this research, data are got from 120 employees of KPT Pratama Semarang Timur by using questionnaires. The data collected are then analyzed by using Structural Equation Modeling (SEM) analysis tool. The analysis result shows that organization culture gives positive and significant impact toward working motivation, job rotation gives positive and significant impact toward working motivation, organization culture gives positive and significant impact toward the employee’s work performance, job rotation gives positive and significant impact toward the employee’s work performance, working motivation gives positive and significant impact toward the employee’s work performance. Based on the analysis result, then managerial implication that can be done related to the increasing of employee’s work performance are job rotation should be done structurally and occasionally, job rotation should consider the balance between the ability and the skill of the employee with the new job, the program of introducing employees toward the new job needs to be done, doing socialization for the employee being rotated, giving education and training for the employee based on the job demand, clarify organization mission by having the activities planning in order to do and evaluate the activities accurately, including the employee in every organization activity, and doing the evaluation toward the activities practice and the result of work performance to secure consistency. Pegawai merupakan sumber daya yang penting bagi perusahaan, karena memiliki bakat, tenaga, dan kreativitas yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuannya. Perubahan budaya organisasi dengan penerapan ketentuan internal dan eksternal seperti penerapan Kode Etik yang tegas, pengembangan visi, misi dan nilai, serta kebijakan rotasi pegawai sebagai konsekuensi dari perubahan struktur organisasi merupakan hal yang menarik untuk suatu obyek penelitian. Atas dasar hal tersebut, penelitian ini diarahkan untuk melakukan “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Rotasi Pekerjaan Terhadap Motivasi Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Ditjen Pajak” Untuk menjawab permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini, data diperoleh dari 120 pegawai KPP Pratama Semarang Timur dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, rotasi pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, rotasi pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Berdasarkan hasil analisis, maka implikasi manajerial yang dapat dilakukan berkaitan dengan peningkatan kinerja pegawai adalah rotasi pekerjaan dilakukan secara terencana dan berkala, rotasi pekerjaan harus mempertimbangkan kesesuaian antara kemampuan dan keterampilan karyawan dengan pekerjaan baru, perlu dilakukan program pengenalan karyawan terhadap pekerjaan yang baru, melakukan sosialisasi bagi karyawan yang dirotasi, membekali karyawan dengan pendidikan dan pelatihan yang disesuaiakn dengan tuntutan pekerjaan, mempertegas misi organisasi dengan membuat perencanaan kegiatan agar kegiatan dapat dilaksanaan dan dievaluasi dengan tepat, melibatkan karyawan dalam setiap kegiatan organisasi, dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan dan hasil kinerja untuk menjamin konsistensi.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:16015
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 Jul 2010 11:09
Last Modified:07 Jul 2010 11:09

Repository Staff Only: item control page