PELAKSANAAN PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 5/23/PBI/2003 MENGENAI ARTI PENTINGNYA PRINSIP MENGENAL NASABAH BAGI BANK PERKREDITAN RAKYAT DALAM KAITANNYA DENGAN TANGGUNG JAWAB BANK SEBAGAI LEMBAGA KEUANGAN

A f a n d i, A f a n d i (2008) PELAKSANAAN PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 5/23/PBI/2003 MENGENAI ARTI PENTINGNYA PRINSIP MENGENAL NASABAH BAGI BANK PERKREDITAN RAKYAT DALAM KAITANNYA DENGAN TANGGUNG JAWAB BANK SEBAGAI LEMBAGA KEUANGAN. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
191Kb

Abstract

Secara umum Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau bentuk – bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak, hal ini sesuai dengan Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1988 Tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan pada Pasal 1 ayaat 2 (dua), dimana proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya harus sesuai dengan Undang-Undang Perbankan serta Peraturan – Peraturan lainnya yang telah digariskan oleh Bank Indonesia sebagai Bank Sentral. Hal-hal yang perlu dipahami bahwa bank di dalam menjalankan kegiatannya adalah harus mengetahui mana yang boleh dan mana yang dilarang menurut Ketentuan – Ketentuan yang berlaku, sebagaimana bank harus menjalankan visi dan misinya ialah membantu meningkatkan taraf hidup rakyat banyak, maka bank harus menjaga Tingkat Kesehatannya di antaranya ialah harus selalu teguh dalam menjaga Prinsip Kehati-hatian yang telah di tentukan oleh Bank Indonesia sehingga dengan demikian bank akan lebih Kredibel di mana bank itu berada serta perekonomian di Indonesia akan lebih meningkat, sejalan dengan kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia yang tercinta. Permasalahan Bagaimana Pelaksanaan Peraturan Bank Indonesia Nomor : 5/23/PBI/2003 Mengenai Arti Pentingnya Prinsip Mengenal Nasabah Bagi Bank Perkreditan Rakyat Dalam Kaitannya Dengan Tanggung Jawab Sebagai Lembaga Keuangan ? Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi oleh Bank Perkreditan Rakyat dalam melaksanakan Peraturan Bank Indonesia Nomor : 5/23/PBI/2003 dan bagaimana penyelesaiannya? Metode Pendekatan yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah pendekatan yuridis empiris. . Pendekatan yang bersifat yuridis menggunakan sumber data sekunder. Data sekunder digunakan untuk menganalisis data empiris yang diperoleh dari hasil penelitian di bidang keuangan dengan permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan pendekatan empiris mempergunakan sumber data primer, data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari penelitian di lapangan. Pelaksanaan Peraturan Bank Indonesia Nomor: 5/23/PBI/2003 Tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah ( Know Your Customer Principles ) sejak ditetapkannya di Jakarta pada tanggal, 23 Oktober 2003 oleh Gubernur Bank Indonesia, maka semua elemen Perbankan di Kabupaten Kudus setelah diadakan sosialisasi-sosialisi secara marathon yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia bertempat di Hotel Gripta Kudus maka untuk pelaksanaan Peraturan Bank Indonesia tersebut di atas segera dilaksanakan. Generally Bank is the corporation which colleting fund from societies in saving from and distributes it to society in credit or other froms in order to increasing a lot of people living standard, this matter accordance to the Indonesian Law Number 10, 1998 about Changes of Law Number 7, 1992 about Banking of article 1 verse 2, whereas the carry out process in their business must according to Banking Law and other regulation which outlined by Bank Indonesia as Central Bank. Bank should understand in execute their activities concerning wich should be done and shouldn’t be done according to the act as definition, whereas bank must carry out both vision and mission that is to assist in increasing much societies living standard, therefore bank should maintain their health level, for example should tencious in maintain cereful principal which given by Bank Indonesia therefore bank will more credible anywhere their exist and the Indonesia economical will increase much better, along with the beloved Indonesian development. The problem how the implementation of Bank Indonesia Regulation Number: 5/23//PBI/2003 concerning the important meaning in recognizing customer for credit bank of public in connection with their responsible as the financial institution? What kinds barrier which faced by credit bank of public in carry out the regulation of bank Indonesia Number: 5/23PBI/2003 and how the solution? Approximation method which used in this thesis by empirical juridical approach. Juridical approach used secondary data. The secondary data used to analyzing empirical data which obtain from research result of financial sector which will research. Whereas the empirical approach by using primary data resource, primary is the obtain direct data from field research. Implementation of Bank Indonesia Regulation Number: 5/23/PBI/2003 about Know Your Customer Principles since state in Jakarta at October 23, 2003 by Governor of Bank Indonesia, thus all of banking elements in Kudus Regency after held to marathon socialization by Bank Indonesia in Gripta Kudus Hotel therefor to implementation of that Bank Indonesia Regulation should be done soon.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary
ID Code:16008
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 Jul 2010 10:46
Last Modified:07 Jul 2010 10:46

Repository Staff Only: item control page