Faktor-Faktor Penghambat Pasangan Usia Subur (PUS) untuk Memilih Tubektomi sebagai Alat Kontrasepsi Mantap di Wilayah Kerja Puskesmas Muntilan II, Kecanatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Setiyawati, Dian (2007) Faktor-Faktor Penghambat Pasangan Usia Subur (PUS) untuk Memilih Tubektomi sebagai Alat Kontrasepsi Mantap di Wilayah Kerja Puskesmas Muntilan II, Kecanatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

2097Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Persoalan besar yang dihadapi dunia adalah masalah kependudukan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah program keluarga berencana (KB). Metode KB yang cukup efektif digunakan antara lain Tubektomi. Tetapi ada banyak faktor yang menghambat PUS dalam memilih Tubektomi sebagai alat kontrasepsi mantap diantaranya faktor ekonomi, sosial budaya dan jarak pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pada Pus untuk memilih Tubektomi sebagai alat kontrasepsinya di wilayah kerja Puskesmas Muntilan II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen dengan studi diskriptif dengan pendekatan survey. Tehnik pengambilan sampel, menggunakan metode Proportionate random sampling dengan jumlah sampel 379 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 275 responden (72.6%) menyatakan bahwa informasi tentang Tubektomi kurang, 87 responden (23%) informasi cukup dan 17 responden (4.5%) menyatakan bahwa informasi tentang Tubektomi baik. Sebanyak 239 responden (63.1%) menyatakan bahwa masih mempunyai keinginan untuk mempunyai anak dengan jenis kelamin tertentu dan 140 responden (36.9%) menyatakan tidak mempunyai keinginan. Sebanyak 192 (50.7%) menyatakan bahwa tarif dan jarak sarana kesehatan tidak terjangkau dan 187 responden (49.3%) menyatakan bahwa tarif dan jarak terjangkau oleh mereka. Sebanyak 212 responden menyatakan bahwa faktor sosial budaya mereka tidak mendukung dilakukannya Tubektomi dan 167 responden (44.1%) menyatakan bahwa faktor sosial budaya mereka mendukung dilakukannya tubektomi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Pasangan Usia Subur, Tubektomi
Subjects:R Medicine > RT Nursing
ID Code:16005
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 Jul 2010 10:41
Last Modified:07 Jul 2010 10:41

Repository Staff Only: item control page