Persepsi Remaja Putri Terhadap Mitos-Mitos Budaya Jawa Tentang Menstruasi di Wilayah Kelurahan Sumurboto Kecamatan Banyumanik Kota Semarang – Jawa tengah

Amailiah, Aulia Hikmah (2008) Persepsi Remaja Putri Terhadap Mitos-Mitos Budaya Jawa Tentang Menstruasi di Wilayah Kelurahan Sumurboto Kecamatan Banyumanik Kota Semarang – Jawa tengah. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
75Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya budaya, seperti budaya Jawa. Fenomena mitos menstruasi sudah berakar di masyarakat Jawa, pemahaman yang salah mengenai menstruasi telah merugikan wanita, karena belum terbukti secara medis seperti pengaturan nutrisi, personal hygiene dan konsep diri selama mengalami menstruasi. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi pemahaman dan penilaian remaja putri terhadap mitos menstruasi, masalah yang dialami karena melaksanakan mitos menstruasi, masalah yang dialami karena tidak melaksanakan mitos menstruasi, serta jenis mitos menstruasi yang sering dilaksanakan. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi terhadap 3 orang informan dengan indepth interview dalam pengumpulan data.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Persepsi remaja putri, Mitos menstruasi, Budaya Jawa
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:15988
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 Jul 2010 10:12
Last Modified:07 Jul 2010 10:12

Repository Staff Only: item control page