Studi Fenomenologi : Strategi Koping Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Cacat Mental (Tuna Grahita) Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang

Asiyah, Atikah Noer (2008) Studi Fenomenologi : Strategi Koping Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Cacat Mental (Tuna Grahita) Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
78Kb

Official URL: http://keperawatan.undip.ac.id

Abstract

(xii + 63 halaman + 2 tabel + 4 gambar + 9 lampiran + 26 Pustaka) Retardasi Mental adalah suatu keadaan perkembangan mental yang terhenti atau tidak lengkap, yang terutama ditandai oleh adanya hendaya (Impairment), keterampilan (kecacatan, skills) selama masa perkembangan, sehingga berpengaruh pada semua tingkat intelegensi, yaitu kemampuan kognitif, bahasa, motorik, dan sosial. Bagi orang tua yang memiliki anak dengan Retardasi Mental tentunya bukan menjadi harapan, dan membutuhkan proses dalam beradaptasi terhadap stressor – stressor, sehingga akan ada respon berupa koping dari individu tersebut. Koping tersebut bisa berupa koping yang berorientasi pada tugas (Task Oriented) dan koping yang berorientasi pada pertahanan ego (Deffence Mechanism). T ujuan penelitian ini untuk mengetahui koping yang digunakan oleh orang tua yang memiliki anak dengan Retardasi Mental di Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Retardasi Mental, Stressor, Koping
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:15986
Deposited By:Admin Mr. Ilmu Keperawatan
Deposited On:07 Jul 2010 10:02
Last Modified:07 Jul 2010 10:02

Repository Staff Only: item control page