ANTECEDENTS DAN CONSEQUENCES ATAS KINERJA KUALITAS: Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Manufaktur Bersertifikasi ISO 9000 di Indonesia

Samrotun, Yuli Chomsatu (2006) ANTECEDENTS DAN CONSEQUENCES ATAS KINERJA KUALITAS: Studi Empiris Pada Perusahaan-Perusahaan Manufaktur Bersertifikasi ISO 9000 di Indonesia. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
505Kb

Abstract

This research to investigate the influence of Antecedents and Consequences on Quality Performance. Continuing research by Maiga and Jacob (2005), this research investigate the influence of component management control system (quality goal, quality feed back, quality incentives) on quality performance and influence of quality performance on variable consequences (financial performance and cutomer satisfaction). As for becoming obyek from this research is manufacturing business which ISO 9000 sertification in Indonesia. This research represent the empirical test, with the technique of random sampling, obtained by 110 manufacturing business which ISO 9000 sertification in Indonesia. Data analysis uses Structural Equation Model (SEM) with the program LISREL 8.54. Result of hypothesis Examination indicate that from six hypothesis raised, only two accepted hypothesis. Accepted Hypothesis is hypothesis 3 (there are positive influence between quality incentive to quality performance) and hypothesis 5 (there are positive influence between quality performance to cutomer satisfaction). From result test of influence indirectly, indication that quality performance mediates the relationship between quality incentive and cutomer satisfaction Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh Antecedents dan Consequences atas Kinerja Kualitas (Quality Performance). Melanjutkan penelitian yang dilakukan oleh Maiga dan Jacob (2005), penelitian ini menguji adanya pengaruh antara komponen Sistem Pengendalian manajemen (seperti: sasaran kualitas, umpan balik kualitas, insentif kualitas) terhadap kinerja kualitas dan pengaruh antara kinerja kualitas dengan variabel consequences (yaitu kinerja keuangan dan kepuasan pelanggan). Adapun yang menjadi obyek dari penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang bersertifikasi ISO 9000 di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian empiris terapan, dengan teknik random sampling, diperoleh 110 perusahaan manufaktur di Indonesia yang bersertifikasi ISO 9000. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) dengan program LISREL 8.54. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari enam hipotesis yang diajukan hanya dua hipotesis yang diterima. Hipotesis yang diterima yaitu hipotesis 3 (terdapat pengaruh yang positif antara insentif kualitas terhadap kinerja kualitas) dan hipotesis 5 (terdapat pengaruh yang positif antara kinerja kualitas terhadap kepuasan pelanggan). Sedangkan hasil uji pengaruh tidak langsung, mengindikasikan bahwa kinerja kualitas memediasi pengaruh antara insentif kualitas dan kepuasan pelanggan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:15971
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 Jul 2010 09:33
Last Modified:07 Jul 2010 09:33

Repository Staff Only: item control page