ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCEIVED QUALITY DAN DAMPAKNYA TERHADAP BRAND EQUITY (Kajian Pada Produk Elektronik Merk Sony di Kota Semarang)

Harianto, Yossie Hanady (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERCEIVED QUALITY DAN DAMPAKNYA TERHADAP BRAND EQUITY (Kajian Pada Produk Elektronik Merk Sony di Kota Semarang). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
352Kb

Abstract

The fact that Sony was top of mind brand prove that Sony have high brand equity. Nonetheles the other fact show that new brands such as Samsung and LG can have a rating exactly below sony’s rating. Samsung and LG brand became a threat for Sony. Moreover debate around factors which can influence brand equity directly such as perceived quality and indirectly such as price premium, perceived price and price deal and a few research about prie premium still need more justification. This study will scrunitize the effect of price premium, perceived price and price deal toward perceived quality, and its impact toward brand equity. Population in this study were all Sony’s user in city of Semarang. Purposive sampling teknik used to take sample. 100 respondend took as sample. Data collected by using questionnaires, meanwhile AMOS software being employed to analyse the data. The result shows that price premium and perceived price have positive and significant impact toward perceived quality, meanwhile price deal have negative and significant impact toward perceived quality. Moreover perceived quality have a positive and significant imapct toward brand equity. The model which tested in this study may fulfill the model’s goodness of fit criterions. Adanya fakta bahwa merk Sony merupakan merk yang paling melekat di benak konsumen memberikan bukti bahwa Sony memiliki ekuitas merk yang tinggi. Namun fakta yang ada juga menunjukkan bahwa merk-merk baru seperti Samsung dan LG yang berumur relatif muda ternyata mampu menduduki peringkat ekuitas merk di bawah Sony. Merk Samsung dan LG telah menjadi ancaman bagi merk Sony. Lebih lanjut adanya perdebatan dalam penelitian yang telah dilakukan mengenai faktor yang dapat mempengaruhi ekuitas merk secara langsung seperti perceived quality dan tak langsung seperti harga (perceived price) dan price deal serta masih jarangnya penelitian mengenai price premium membutuhkan justifikasi lebih lanjut. Oleh sebab itu maka penelitian ini akan mengkaji pengaruh dari price premium, harga (perceived price) dan price deal terhadap perceived quality dan dampaknya terhadap ekuitas merk (brand equity). Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna produk Sony di kota Semarang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil ditentukan 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan program AMOS. Hasil penelitian ini adalah bahwa price premium dan harga (perceived price) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perceived quality, sedangkan price deal memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap perceived quality. Lebih lanjut perceived quality memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap ekuitas merk (brand equity). Model penelitian yang diuji dalam penelitian ini mampu memenuhi kriteria pengujian kelayakan model.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15960
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:07 Jul 2010 09:22
Last Modified:07 Jul 2010 09:22

Repository Staff Only: item control page