PENGARUH KUALITAS AUDIT, PERGANTIAN AUDITOR, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KLIEN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Berskala Besar di Jawa Tengah)

Martini , Tina (2007) PENGARUH KUALITAS AUDIT, PERGANTIAN AUDITOR, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KLIEN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Berskala Besar di Jawa Tengah). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
268Kb

Abstract

An attempt to give clients satisfaction in maximum can be achieved of KAP understand factors influencing audit clients satisfaction. The challenge of KAP is to understand and recognize the determinant factors of clients satisfaction such as audit quality, auditor change and work experience, hence the problem formulation of this research is whether there is an influence among at big scaled manufacturing companies in Central Java. The sample of this research is 87 responder representing the big scaled manufacturing companies in Central Java, the technique of collecting data uses questioners and the analyzer user regresi, t- test, factor test and classic assumptions. From the conducted analysis, it is known that (1) there is a positive influence between audit quality variable and client satisfaction based on the result that is the audit quality variable (X1) the value thitung 9,085 > ttabel 1,663 and the level of significancy 0,000 which is under 0,05. (2) there is a significant influence between auditor change variable and clien satisfaction based on the test result that is the auditor change variable (X2) value thitung 4,633 > ttabel 1,663 and the significant level 0,000 under 0,05. And (3) there is a significant influence of work experience variable to client satisfaction based on the test result that is work experience variable (X3) value thitung 2,461 > ttabel 1,663 and the significant level is 0,001 under 0,05. Upaya memberikan kepuasan klien secara maksimum dapat dicapai bila KAP memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan klien audit. Tantangan KAP adalah untuk memahami dan mengetahui faktor-faktor penentu kepuasan klien tersebut seperti kualitas audit, pergantian auditor dan pengalaman kerja, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah ada pengaruh antara kuailtas audit, pergantian auditor dan pengalaman kerja terhadap kepuasan klien pada perusahaan manufaktur berskala besar di Jawa Tengah Dalam penelitian ini sampelnya sebanyak 87 responden yang merupakan klien pada perusahaan manufaktur berskala besar di Jawa Tengah, teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan kuesioner, dan alat analisis menggunakan regresi, dengan uji t, uji faktor dan asumsi klasik. Dari analisis yang dilakukan diketahui bahwa (1) Ada pengaruh yang positif antara variabel kualitas audit terhadap kepuasan klien didasarkan dari hasil pengujian diperoleh variabel kualitas audit (X1) nilai thitung sebesar 9,085 > ttabel sebesar 1,663, dan tingkat signifikan sebesar 0,000 di bawah 0,05, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel pergantian auditor terhadap kepuasan klien didasarkan dari hasil pengujian diperoleh variabel pergantian auditor (X2) nilai thitung sebesar 4,633 > ttabel sebesar 1,663, dan tingkat signifikan sebesar 0,000 di bawah 0,05. Dan (3) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel pengalaman kerja terhadap kepuasan klien didasarkan dari hasil pengujian diperoleh variabel pengalaman kerja (X3) nilai thitung sebesar 2,467 > ttabel sebesar 1,663, dan tingkat signifikan sebesar 0,001 di bawah 0,05.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Accounting
ID Code:15910
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:07 Jul 2010 08:13
Last Modified:07 Jul 2010 08:13

Repository Staff Only: item control page