SUMADI, SUMADI (2006) KEMACETAN LALULINTAS PADA RUAS JALAN VETERAN KOTA BREBES. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1213Kb |
Abstract
Jalan Kota Brebes mempunyai peranan yang penting dalam mendukung sektor-sektor perdagangan, perkantoran, pendidikan, dan jasa yang semua itu dapat berjalan dengan baik apabila sarana-sarana pendukung cukup memadai. Apabila volume arus lalulintas sudah mendekati atau melebihi kapasitas jalan yang ada akan menimbulkan suatu kemacetan sehingga perjalanan sudah tidak nyaman lagi. Salah satu jalan kota yang mengalami kemacetan lalulintas adalah jalan Veteran yang diakibatkan banyaknya aktivitas pergerakan lalulintas pada sektor pendidikan, perkantoran dan permukiman, juga dari sikap pejalan kaki dan PKL yang memadati ruas jalan tersebut, dan juga diperparah dengan adanya perlintasan sebidang jalan kereta api yang waktu perlintasannya semakin padat. Dari pengamatan dilokasi diketahui terjadi penurunan kinerja yang diindikasikan dengan berkurangnya kecepatan, kemacetan khususnya pada jam-jam sibuk yaitu pada jam kerja pagi hari sekitar jam 6.30 – 7.30 WIB. Berdasarkan permasalahan tersebut diatas maka penelitian yang akan dilaksanakan melalui studi ini adalah “Upaya penanganan kemacetan lalulintas pada ruas Jalan Veteran Kota Brebes” Tujuan yang ingin dicapai dalam studi ini ialah menganalisis kemacetan lalulintas pada ruas Jalan Veteran dan upaya penanganannya. Metode pendekatan yang digunakan dalam studi ini bersifat deskriptif, yang ditekankan pada pada analisis kuantitatif pada waktu menganalisis kemacetan dan membuat alternatif penanganan kemacetan. Dari hasil analisis didapat adanya kemacetan di ruas Jalan Veteran disebabkan oleh arus lokal yaitu adanya aktivitas pendidikan dan perkantoran bukan arus menerus. Kinerja Jalan Veteran pada ruas jalan antara pangkal ruas jalan Veteran dipersimpangan rel kereta api sampai pertigaan jalan menuju Jl. Setia Budi sudah tidak ideal lagi dengan mengalami kemacetan di jam sibuk. Faktor yang paling berpengaruh terhadap turunnya kinerja Jalan Veteran adalah adanya hambatan samping yang sangat tinggi dan bercampurnya arus menerus dan lokal di jam sibuk, dan sesuai dengan keterkaitan antara bangkitan lalulintas dan tata guna lahan, maka perlu pembatasan pertumbuhan kawasan pendidikan dan perkantoran, yaitu dengan tidak memberi ijin pendirian bangunan untuk pendidikan dan perkantoran dan menumbuhkan aktivitas ditempat lain dengan prasarana jalan yang ideal sesuai perencanaan yang matang. Rekomendasi yang dapat diberikan bagi Pemerintah Kabupaten adalah perlu split waktu antara jam masuk perkantoran dan jam masuk pendidikan, mengurangi hambatan samping dengan membangun trotoar di kanan kiri jalan dan mewajibkan pejalan kaki berjalan di trotoar, menjadikan Jalan Veteran satu arah khususnya di pangkal jalan sampai pertigaan Jalan Setia Budi pada jam sibuk serta memindahkan PKL ke tempat lain. Perlu peningkatan kualitas jalan dijalur alternatif dan sekitar Jalan Veteran sehingga lalulintas bisa terbagi dan tidak menumpuk di ruas Jalan Veteran. The roadway of Brebes city has an important role in supporting the trade, office, education and service, which will be run well if the supported means is available. When the traffic volume has got closer or more than the road capacity, there would be traffic jam, as the result, the journey would not be uncomfortable. One of the roadway that have been thraffic jam is Vateran street, which is effected by many traffic activities movement in many sectors, they are education, office and settlement and so does the pedestrian and sidewalk trader behaviour that are populated the road, it is getting worse since there are the railroad crossing which makes more densely. From the field observation known that there are the decreases of road capacity that indicates the less of speed, traffic jam especially at 6.30-7.30 a.m. Based on those problems, the research would be conducted in this study is “The Efforts in Traffic Jam Handling in Veteran roadway in Brebes city” The purpose would be gained in this study is to analyze the traffic jam at Veteran roadway and the handling efforts. The approach methods used is descriptive, in which emphasizes at quantitative analysis in analyzing the traffic jam and making alternatives to handle the traffic jam. The analysis results obtained that the traffic jam in Veteran roadway caused by local current such as education and office activities, but not direct current. The capacity in Veteran street at the roadway from Veteran street base on the railway crossing to the T-junction of Setiabudi street is unsuitable and there is traffic jam in a rush hour. The most influenced factor toward the decrease of Veteran roadway capacity is the high side obstacle and the mix of direct and local current in rush hour, and according to the relationship between the traffic capacity and the use of terrain; therefore, it needs a limitation of the increase of education and office area, such as forbiding the building construction for education and office and growing an activity in another place by providing an ideal roadway means suitable with the mature plans. The reccomendations would be given for the Regency government is the needs of time split between the office hours and educational hours, reducing the side obstacle by constructing a pavement on the left side and the right side and requiring pedestrian to walk on the sidewalk, making the Veteran street on one way direction, especially from the base street to the Setiabudi street T-junction at the rush hours and moving the sidewalk trader on the other place. The quality of road in alternative line is needed to be improved and so is around Veteran street, thus, the traffic can be divided and it does not make the Veteran street to be the populated area.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning |
ID Code: | 15909 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 07 Jul 2010 08:13 |
Last Modified: | 07 Jul 2010 08:13 |
Repository Staff Only: item control page