PERBEDAAN STATUS GIZI MURID SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH FAVORIT DAN BUKAN FAVORIT DAN BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (STUDI DI SDN 3 KURIPAN, SDN 2 PASARMADANG KECAMATAN KOTAAGUNG KAB LAMPUNG SELATAN)

SUMARMI, EKO (1995) PERBEDAAN STATUS GIZI MURID SEKOLAH DASAR DI SEKOLAH FAVORIT DAN BUKAN FAVORIT DAN BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (STUDI DI SDN 3 KURIPAN, SDN 2 PASARMADANG KECAMATAN KOTAAGUNG KAB LAMPUNG SELATAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan status gizi murid SD di sekolah favorit dan bukan favorit berdasarkan konsumsi energi dan proteinnya serta mencari hubungan antara pengeluaran keluarga perkapita perbulan untuk belanja pangan dengan konsumsi energi dan protein murid SD. Cara penilaian status gizi dilakukan secara antropometri dengan menggunakan indeks TB/U. Penilaian konsumsi makanan dipelajari dengan cara metode recall, mengingat tujuan, kondisi, dana, tenaga, serta waktu yang tersedia. Tipe penelitian adalah explanatory dengan pendekatan cross sectional. Sampel ditentukan dengan sengaja (purposive sampling methods). Besar sampel adalah 40 murid kelas V dari sekolah favorit dan 40 murid kelas V dari sekolah bukan favorit. Instrumen yan digunakan adalah kuesioner, formulir metode recall selama 3x24 jam dan mikrotoise. Cara analisa data dengan menggunakan uji statistik t-test dan uji statistik korelasi Product Moment. Terdapat hubungan bermakna antara konsumsi energi dan protein murid dengan status gizinya. Tetapi tidak ditemukan hubungan antara pengeluaran keluarga berbulan untuk belanja pangan dengan konsumsi energai dan protein murid. Untuk lebih meningkatkan status gizi murid baik disekolah favorit maupun di sekolah bukan favorit perlu dilakukan pemantauan status gizi murid secara rutin, dan penanaman kebiasaan hidup sehat sejak didi melalui materi pelajaran yang diberikan. Kata Kunci: STATUS GIZI MURID SEKOLAH DASAR

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:15886
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:06 Jul 2010 14:52
Last Modified:06 Jul 2010 14:52

Repository Staff Only: item control page