PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTEK IBU RUMAH TANGGA DALAM PEMILAHAN SAMPAH DI KELURAHAN SRONDOL WETAN KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG (STUDI PENDAHULUAN DI 3 (TIGA) TYPE PEMUKIMAN)

RIYADI, RUDJITO (2000) PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTEK IBU RUMAH TANGGA DALAM PEMILAHAN SAMPAH DI KELURAHAN SRONDOL WETAN KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG (STUDI PENDAHULUAN DI 3 (TIGA) TYPE PEMUKIMAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
30Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku (pengetahuan,sikap dan praktek) ibu rumah tanga dalam pemilahan sampah di 3 type pemukiman (elite, sederhana dan non perumahan)serta kaitannya dengan karakteristik responden (pendidikan, status pekerjaan, informasi pemilahahan sampah, jumlah keluarga dan keberadaan pembantu rumah tangga (PRT). Jenis penelitian ini merupakan penelitian explanatory yaitu menjelaskan perilaku ibu rumah tanga dalam pemilahan sampah dengan beberapa faktor yang ada kaitanya. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling yaitu Perumahan Taman setiabudi type mediatama (mewakili rumah elite), perumnas Banyumanik tupe 36 Kruing (mewakili type sederhana) dan RW I (mewakili non perumahan). Jumlah sample 109 orang sebagai responden penelitian adalah ibu rumah tangga. Hasil analisa des diperoleh gambaran distribusi frekuensi karakteristik responden sebagai berikut: mayorits responden tamatan SLTA (43,75%), mayoritas responden tidak bekerja (57,3%), mauoritas responden mempunyai jumlah keluarga lebih dari 5 orang sebesar 64,6%, responden yang mempunyai PRT 50%, responden yang pernah mendapat informasi khusus tentang pemilahan sampah 42,7%, pengetahuan responden tentang pemilahan sampah yang baik 35,4%, sikap responden yang mendukung pemilahan sampah 4 9,0%, responden yang memilah sampah sebesar 62,5%. Hasil uji statistik Kai kuadrat dinyatakan ada hubungan bermakna antara informasi tetang pemilahan sampah yang pernah diterima responden dengan pengetahuan tentang pemilahan sampah (p<0,05), ada hubungan bermakna antara tingkat pendidian responden dengan sikap tentang pemilahan sampah (p<0,05), ada hubungan yang bermakna antar tingkat pendidikan, keberadaan PRT, pengetahuan dan sikap responden dengan praktek pemilahan sampah (p<0,05), ada perbedaan praktek ibu rumah tangga dalam pemilahan sampah pada perumahan elite, sederhana, dan non perumahan (p<0,05). Disaranakn untuk meningkatakan kesadaran masyarakat untuk melakuan pemilahan sampah melalui: penyuluhan oleh petugas kesehatan, TV/radio, leaflet dan media komunikasi lainnya, lomba pengolahan sampah di tingkat RT/RW/kelurahan, pembuatan TPs terpisah sesuai jenis sampah, PERDA atau peraturan sejenisnya dalam hal pemilahan sampah terutama di perumahan. Kata Kunci: TYPE PEMUKIMAN, PERILAKU, PEMILAHAN SAMPAH

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:15884
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:06 Jul 2010 14:46
Last Modified:06 Jul 2010 14:46

Repository Staff Only: item control page