HUBUNGAN BEBERAPA KARAKTERISTIK KELUARGA DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA YANG TELAH DISAPIH DI DAERAH NELAYAN (STUDI DI DESA WONOKERTO KULON KEC.WIRADESA KAB.PEKALONGAN)

CHILMIYATI, CHILMIYATI (1995) HUBUNGAN BEBERAPA KARAKTERISTIK KELUARGA DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA YANG TELAH DISAPIH DI DAERAH NELAYAN (STUDI DI DESA WONOKERTO KULON KEC.WIRADESA KAB.PEKALONGAN). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kurang gizi yang khas terjadi di daerah-daerah yang keadaan sosial ekonomi dan lingkungannya sangat buruk. Karena secara teoritis keadaan gizi anak dipengaruhi juga oleh asupan makanan balita dan derajat kesakitan. Asupan makanan balita dipengaruhi oleh pola menu keluarga, derajat kesakitan, tingkat pendidikan ibu, keadaan ekonomi keluarga serta jumlah keluarga dan lain-lain. Dari hasil penelitian yang dilakukan di Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara Jateng menunjukkan bahwa daerah nelayan memiliki keterbatasan dibidang pendidikan, keadaan sosial ekonomi, perumahan dan lingkungan hidup. Dari keadaan tersebut timbul permasalahan: apakah status gizi anak balita yang telah disapih di daerah nelayan ada hubungannya dengan tingakt pendidikan ibu, pengeluaran untuk pengan, jumlah anggota keluarga dan asupan makanan. Penelitian ini gertujuan untuk mengetahui hubungan beberapa karakteristik keluarga dengan status gizi balita yang telah disapih didaerah nelayan. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan belah lintang. Sampel diambil secara Simpel Random Sampel dimana sampel trdiri dari balita yang telah disapih beserta ibunya. Besar sampel adalah 65 pasangan ibu-anak yang telah disapih. Data dianalisa dengan menggunakan uji statistik korelasi tata jenjang Spearman. Didesa Wonokerto Kulon anak balita yang telah disapih yang mempunyai status gizi normal sebanyak 43,1%, gizi sedang 29,23% gizi kurang 24,6% dan gizi buruk 3,07%. Kata Kunci: STATUS GIZI ANAK BALITA YANG TELAH DISAPIH

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:15873
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:06 Jul 2010 14:39
Last Modified:06 Jul 2010 14:39

Repository Staff Only: item control page