HUBUNGAN STATUS GIZI IBU HAMIL DENGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (STUDI PADA IBU-IBU YANG MELAHIRKAN DI RUMAH SAKIT UMUM WONOSOBO)

RIYANTO, AGUS (1995) HUBUNGAN STATUS GIZI IBU HAMIL DENGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (STUDI PADA IBU-IBU YANG MELAHIRKAN DI RUMAH SAKIT UMUM WONOSOBO). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
13Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Penelitian yang dilakukan di RSU wonosobo bertujuan untuk memperoleh gambaran hubungan status gizi ibu hamil dan kadar haemoglobin ibu saat akan melahirkan dengan berat badan bayi lahir. Tujuan khusus penelitian untuk mengethui karakteristik umum dari ibu hail serta mengetahui kadar haemoglobin ibu saat persalian dn hubungan antara kadar haemoglobin dengan berat badan lahir. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan yaitu muali dari bulan Maret sampai dengan bulan Mei 1995. jumlah responden yang diteliti samapi dengan Mei 1995. jumlah responden yang diteliti sebanyak 120 ibu hamil. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei dengan pendekatan secara Cross Sectional (belah melintang). Data yang dikumpulkan adalah status gizi ibu meliputi prosentase berat badan (BB), tinggi badan (TB) dan kadar haemoglobin saat akan melahirkan, riwayat kehamilan, data umum dan berat badan bayi baru lahir. Tingkat pendidikan responden sebagian besar adalah tamat SD, berumur antara 21-35 tahun. Pada umumnya responden berstatus tidak bekerja, dengan jumlah paritas antar 3-5. frekuensi kunjungan Antenatal Care (ANC) sebagian besar sebanyak 4 kali atau lebih. Hasil penelitian didapatkan bahwa status gizi responden pada umumnya baik. Responden dengan status gizi baik sebesar 81,7% dan status gizi yang kurang sebesar 18,3%. Rata-rata prosentase berat badan ibu saat akanmelahirkan sebesar 105,87% Rata-rata tinggi badan responden adalah 153,46 cm, sedangkan rata-rata kadar haemoglobin responden saat akan melahirkan sebesar 10,14 gr/dl. Didapatkan juga prosentase berat badan lahir rendah (BBLR) sebesar 20%, dengan rata-rata berat badan lahir 2.994 gram. Hasil analisa statistik dengan menggunakan uji Chi square dan korelasi diperoleh <b>Ada hubungan antara prosentase berat badan ibu, tinggi badan dan kadar haemoglobin ibu saat akan melahirkan dengan berat badan bayi lahir pada tingkat kemaknaan 0,01 maupun 0,05</b>. Hal ini merupakan suatu gambaran hasil penelitian mengenai status gizi ibu hamil di RSU Wonosobo, selayaknyalah perlu dilakukan penelitian-penelitian leinnya yang berkaitan dengan masalah gizi ibu hamil dan bayinya untuk pembuktian-pembuktian lebih lanjut. Kata Kunci: STATUS GIZI IBU HAMIL

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:15864
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:06 Jul 2010 14:29
Last Modified:06 Jul 2010 14:29

Repository Staff Only: item control page