ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER DAN KREATIFITAS IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN YANG MEMPENGARUHI SIKAP TERHADAP MEREK (Studi Kasus Iklan Televisi Pada Konsumen Sepeda Motor Honda Di Kota Semarang)

HANDOKO , RUDOLPH SETIAJI (2006) ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS ENDORSER DAN KREATIFITAS IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN YANG MEMPENGARUHI SIKAP TERHADAP MEREK (Studi Kasus Iklan Televisi Pada Konsumen Sepeda Motor Honda Di Kota Semarang). Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
613Kb

Abstract

Nowdays, the existing phenomenon of motorcycle industry business and the decreasing amount of quite significant Honda motorcycles in amidst of Indonesian economy that is supposed to because of advertising creativity usage and the endorser usage. This research has purpose to analyze factors that influencing the advertisement effectivity to create an attitude towards the higher brand. The research matter has been proposed to know how the process increases attitude towards brands. Based on this consideration, a theoretical model and three hypothesis to be examined using SEM method. The samples of this research are 111 costumers that have Honda motorcycles and have watched advertisements of Honda motorcycles in Semarang. The result of SEM analysis has fulfilled a cretarion of Goodness of Fit Index ; X2 (chi square) 65.152, probability 0.074 (≥0.05), RMSEA 0.052 (≤0.08), GFI 0.912 (≥0.90), AGFI 0.862 (≥0.90), TLI 0.985 (≥0.95), CFI 0.989 (≥0.985). The result of this research shows that the attitude towards the brand can be increased through an advertisement effctivity where the factors are influenced towards advertisement effectivity that are the advertisement creativity and endorser credibility. Fenomena bisnis industri sepeda motor yang ada saat ini dan penurunan jumlah penjualan sepeda motor Honda yang cukup signifikan di tengah perekonomian Indonesia diduga karena penggunaan kreatifitas iklan dan penggunaan pembawa pesan iklan (endorser). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas iklan untuk menciptakan sikap terhadap merek yang lebih tinggi. Masalah penelitian diajukan untuk mengetahui bagaimana proses meningkatkan sikap terhadap merek. Atas dasar ini diajukan model teoritis dan 3 hipotesis untuk diuji dengan metode SEM, Sampel penelitian ini adalah 111 konsumen yang mempunyai sepeda motor Honda dan pernah melihat iklan sepeda motor Honda di kota Semarang. Hasil analisis SEM memenuhi criteria Goodness of Fit Index ; X2 (chi square) 65.152, probability 0.074 (≥0.05), RMSEA 0.052 (≤0.08), GFI 0.912 (≥0.90), AGFI 0.862 (≥0.90), TLI 0.985 (≥0.95), CFI 0.989 (≥0.985). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap terhadap merek dapat ditingkatkan melalui efektivitas iklan dimana factor yang berpengaruh terhadap efektivitas iklan adalah kreatifitas iklan dan kredibilitas endorser.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15853
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:06 Jul 2010 14:17
Last Modified:06 Jul 2010 14:17

Repository Staff Only: item control page