PENGARUH LOKASI TERHADAP AKTIVITAS TERMINAL (STUDI KASUS: TERMINAL GIRI ADIPURA dan SUB TERMINAL KRISAK KOTA WONOGIRI)

SIHONO, SIHONO (2006) PENGARUH LOKASI TERHADAP AKTIVITAS TERMINAL (STUDI KASUS: TERMINAL GIRI ADIPURA dan SUB TERMINAL KRISAK KOTA WONOGIRI). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
774Kb

Abstract

Perkembangan Terminal Giri Adipura di Kota Wonogiri dipengaruhi oleh kondisi fisik terminal, lokasi terminal serta perilaku pengguna terminal. Dari aspek lokasi, Terminal Giri Adipura berada di daerah pinggiran kota dan berdekatan dengan Sub Terminal Krisak, sedangkan dari aspek perilaku pengguna, terjadi kecenderungan penggunaan Sub Terminal Krisak sebagai objek beraktivitas. Kedua kondisi tersebut berpengaruh terhadap kurang optimalnya pemanfaatan Terminal giri Adipura Sebagai Terminal Induk di Kota Wonogiri. Dari fenomena tersebut, memunculkan suatu pertanyaan studi mengenai ”Bagaimanakah Pengaruh Lokasi Terhadap Perkembangan Aktivitas Terminal?”. Dalam menjawab pertanyaan studi tersebut, langkah awal yang perlu dikaji adalah mengidentifikasi sistem aktivitas, sistem pergerakan dan sistem jaringan di Kota Wonogiri serta mengidentifikasi karakteristik terminal baik itu Terminal Giri Adipura maupun Sub Terminal Krisak. Hasil dari kedua identifikasi tersebut merupakan input bagi analisis lokasi terminal, analisis pengembangan lokasi terminal nearside dan central, serta analisis perilaku aktivitas terminal. Metode yang digunakan dalam pengkajian beberapa analisis tersebut adalah menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Hasil dari analisis yang dilakukan, dihasilkan temuan studi berupa adanya pengaruh lokasi terminal terhadap perkembangan Terminal Giri Adipura dan Sub Terminal Krisak. Pengaruh tersebut berupa adanya perbedaan perkembangan antara kedua terminal tersebut yang bertolak belakang. Perkembangan Terminal Giri Adipura kurang berkembang akibat kestrategisan lokasi yang kurang memenuhi kriteria lokasi terminal dibandingkan dengan lokasi Sub Terminal Krisak, sehingga perkembangan Sub Terminal Krisak lebih menunjukkan perkembangan yang signifikan. Dari temuan studi tersebut, dapat diidentifikasi jika lokasi terminal berpengaruh terhadap perkembangan aktivitas dalam terminal. Lokasi Sub Terminal Krisak yang lebih memiliki tingkat kesesuaian lokasi berdasarkan kriteria lokasi terminal, mempenmgaruhi perkembangan aktivitas terminal yang lebih baik dibandingkan dengan perkembangan aktivitas terminal pada Terminal Giri Adipura, baik ditinjau dari banyaknya jumlah calon penumpang maupun operator kendaraan yang beroperasi dalam terminal. Beberapa hal yang dapat direkomendasikan terhadap temuan penelitian ini antara lain berupa pelarangan yang tegas bagi angkutan umum jalur luar kota/provinsi untuk tidak menggunakan pelayanan Terminal Tipe C sebagai objek menaikkan dan menurunkan penumpang serta pengoptimalan jalur penghubung ke arah Terminal Giri Adipura melalui peningkatan kapasitas dan perkerasan jalan yang sangat memadai untuk dilalui kendaraan umum yang menghubungkan langsung ke jalur utama.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Urban and Regional Planning
ID Code:15835
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 Jul 2010 14:03
Last Modified:06 Jul 2010 14:03

Repository Staff Only: item control page