ANALISIS PENGARUH KUALITAS KEMITRAKERJAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MITRA KERJA DI PT. INDONESIA POWER UNIT BISNIS PEMBANGKITAN SEMARANG DI KOTA SEMARANG)

Simanjuntak, Sihar Paskal Hatopan (2006) ANALISIS PENGARUH KUALITAS KEMITRAKERJAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MITRA KERJA DI PT. INDONESIA POWER UNIT BISNIS PEMBANGKITAN SEMARANG DI KOTA SEMARANG). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1468Kb

Abstract

In bussiness , partnerships become the way of firm to increase they economic growth . Many of firm this day use partnerships as a strategic to develop their firm. Partnerships were the way of firm to increase they performance. This research aims to analyze factors that could build the partnership quality to increased marketing performance. The object of this research was the partner firm as a supplier of PT. Indonesia Power Generation Business Unit Semarang, which stayed at Semarang City. This research proposed 4 hypotheses and analyzed with sequence equation model (SEM) method. Data were collected from respondents. The result of SEM analysis fulfills the criteria of Goodness of Fit Index: X2 (chi- square) 96.704, probability 0.144 (≥0.05), RMSEA 0.037 (≤0.08), GFI 0.908 (≥0.90), AGFI 0.867 (≥0.90), TLI 0.991 (≥0.95), CFI 0.993 (≥0.985). These results describe that marketing performance is possible to be reached through a partnerships quality, which can be increased through a long term commitment, communication, and sharing risk. Long term commitment is the most factor that should be influenced a partnership quality at partner firm in PT. Indonesia Power UBP Semarang . Dalam industri, banyak perusahaan mencari cara untuk meningkatkan kinerjanya dengan melakukan hubungan kemitrakerjaan . Kemitrakerjaan dianggap sebagai jalan yang dapat memperkuat hubungan bisnis yang berkembang saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hubungan kemitrakerjaanynag meningkatkan kinerja pemasaran. Untuk memelihara kualitas kemitrakerjaan perusahaan mitra kerja dapat dilakukan melalui komitmen jangka panjang , komunikasi , dan berbagi resiko . Objek penelitian ini dilakukan pada perusahaan mitra kerja di PT. Indonesia Power Unit Bisnis Semarang. Penelitian ini diajukan model teoritis dengan 4 (empat) hipotesis yang diuji dengan metode SEM. Sampel penelitian ini adalah 122 perusahaan mitra kerja PT. Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Semarang yang berada di kota Semarang . Hasil analisis SEM memenuhi criteria Goodness of Fit Index ; X2 (chi- square) 96.704, probability 0.144 (≥0.05), RMSEA 0.037 (≤0.08), GFI 0.908 (≥0.90), AGFI 0.867 (≥0.90), TLI 0.991 (≥0.95), CFI 0.993 (≥0.985). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kemitrakerjaan dapat ditingkatkan melalui komitmen jangka panjang , komunikasi, dan berbagi resiko . Dari ketiga faktor tersebut ditemukan komitmen jangka panjang merupakan dasar bagi perusahaan mitra kerja PT. Indonesia Power UBP Semarang untuk melakukan kemitrakerjaan .

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15829
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 Jul 2010 13:54
Last Modified:06 Jul 2010 13:54

Repository Staff Only: item control page