Antawati, , Rika Budi (2005) PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGADAAN KONSUMSI ANTARA CV BERKAH DENGAN PARA KONSUMENNYA. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 311Kb |
Abstract
The need of food is one of the three humans’ basic needs. There are several ways to fulfill it. In the past, every unit of household had to cook for the whole family. However, as time goes by, this method has gone out of fashion. Nowadays, more people tend to go out for meals because of the shortness of time, increasing work loads and changing life styles. These trends have direct impacts to the growing of the hospitality industry such as hotels, restaurant, café and particularly catering industries. One of the leading catering services in Semarang is CV Berkah. Established in 1975 by Mrs Tuty Muharyani, CV Berkah serves wide range of consumers. Several ways of ordering meals or banquets to CV Berkah such as walk in, telephoning, and sending Short Message Service could be done. Furthermore, both written and unwritten contracts are required to accommodate those range of ways of ordering. This research describes the aspects of catering service procurement contracts between CV Berkah and it’s consumers. Some aspect of these contracts that will be investigate more are the conduct of those contracts, the breach of contract, the cost of the breach of contract and the responsibility of each party for those cost. All of the theories related to the topic of this research such as the nature of contract, the procurement also the hospitality and catering industry are explored. The data of this research are obtained through interviews, questionnaires, and observations. Moreover, the data gained are analysed through a descriptive analysis method. The results of this research suggest that the brich of contracts are occurred on those CV Berkah’s procurement contracts and several cost raised. Consequently, the parties involved are responsible for those. Pangan adalah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia disamping sandang dan papan. Cara pemenuhan pangan sangat beragam. Semula setiap unit rumah tangga menyediakan pangan bagi anggota keluarganya dengan cara memasak. Sejalan dengan perkembangan jaman, kebiasaan memasak dalam rumah tangga sedikit demi sedikit tergeser dengan kecenderungan orang untuk makan di luar rumah. Hal itu dipengaruhi oleh faktor waktu, tuntutan pekerjaan dan gaya hidup. Perubahan pola pengadaan pangan tersebut mendorong timbulnya usaha jasa boga seperti hotel, restoran, kafe dan khususnya katering. Salah satu katering terkemuka di Kota Semarang adalah CV Berkah. Didirikan pada tahun 1975 oleh Nyonya Tuty Muharyani, CV Berkah melayani berbagai macam acara dengan konsumen yang berbeda-beda. Beberapa cara pemesanan seperti misalnya datang langsung ke kantor CV Berkah, melalui telepon ataupun SMS (Short Message Service) dapat ditempuh oleh konsumen. Berdasarkan pesanan tersebut di atas lahirlah perjanjian pengadaan konsumsi antara CV Berkah dengan para konsumennya baik lisan maupun tertulis. Penelitian ini membahas aspek perjanjian dalam rangka pengadaan konsumsi antara CV Berkah dengan para konsumennya tersebut di atas. Dalam penelitian ini, aspek yang akan diteliti lebih mendalam adalah tentang wanprestasi, kerugian akibat wanprestasi dan tanggung jawab masing-masing pihak atas wanprestasi tersebut. Teori-teori tentang perjanjian pada umumnya, perjanjian pemborongan pekerjaan dan tentang jasa boga akan diuraikan dalam tesis ini. Teori-teori tersebut dijadikan sebagai landasan untuk menganalisis hasil penelitian. Metode yang diaplikasikan adalah yuridis empiris. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap obyek penelitian. Selanjutnya, data yang diperoleh akan dianalisis dengan mempergunakan teknik deskriptif analisis. Hasil analisa tersebut kemudian akan disusun dan disajikan secara sistematis dan jelas dalam bentuk tesis. Dari hasil dari penelitian diketahui tentang pelaksanaan perjanjian pengadaan konsumsi secara menyeluruh, bentuk-bentuk wanprestasi dari para pihak beserta kerugian-kerugian yang ditimbulkan. Lebih lanjut, masing-masing pihak dalam perjanjian tersebut bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan akibat wanprestasi yang dilakukannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Notary |
ID Code: | 15815 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 1 |
Deposited On: | 06 Jul 2010 13:34 |
Last Modified: | 06 Jul 2010 13:34 |
Repository Staff Only: item control page