ANALISIS DISTRIBUSI SELLING-IN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Dalam Hubungan Antara PT. Expand Berlian Mulia dengan Outlet-Outletnya di Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta)

YUDITH, NOVI FEBRIYANTO (2005) ANALISIS DISTRIBUSI SELLING-IN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Dalam Hubungan Antara PT. Expand Berlian Mulia dengan Outlet-Outletnya di Wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
257Kb

Abstract

In this globalisation era the competition happened that increasingly tight delivered the company in seizing the consumer to make use of his product. The fast change in the business environment result in increasingly the strictness of the competition.The commitment to continue to increase the service towards outlet this could be done directly by the producer through the distributor.The determination of the channel the exact distribution was a marketing strategy and the task of the management that was not easy, it was said to be not easy because of involving the structure of the distribution channel that was dynamic and was gotten by the trend to keep changing.Therefore the importance of the distribution was to be the competitive superiority that was difficult to be copied by the competitor so as this must be done by the company.The company must also pay attention to variables that could support the achievement of his marketing by involving organisations of his channel, in this case outlet-outlet where this company sold his product. The data that was utilised in this research was the primary data from the respondent totalling 100 outlet-outlet that became the business partner of PT. Expand Berlian Mulia as the distributor of the Nutrisari product in the Central Javan area and Yogyakarta that were processed by making use of SEM (Structural Equation Modelling). Results of the hypothetical test showed that all the hypotheses that were put forward in this research were accepted. Moreover was found that selling-in PT. Expand Berlian Mulia was affected by the distributor's relations with outlet, the service strategy towards outlet, the capacity and the company's image of the marketing power. Moreover from this research also was successful proved that selling-in PT. Expand Berlian Mulia had the positive and significant influence on the achievement of the marketing of PT. Expand Berlian Mulia. The manajerial implication that related to good service strategy require to be conducted by company through routine and good visit system where this matter will very useful in the effort identifying requirement of customer. Besides ability of sales force can be improved by multiply discussion and also sharing with overall top management and also business practitioner which have many is experienced. As for profesionalitas of existing human being resources will form company image better. While quality of relationship with distributor will take care of continuity of business relationship and also can peculiarly improve distribution of selling-in, because the quality of relations will increase the distribution selling-in where the increase in the distribution sellingin also will increase the achievement of the salesforce. Pada era globalisasi ini telah terjadi persaingan yang semakin ketat antar perusahaan dalam merebut konsumen untuk menggunakan produknya. Perubahan yang cepat dalam lingkungan bisnis mengakibatkan semakin ketatnya persaingan. Komitmen untuk tetap meningkatkan pelayanan terhadap outlet tersebut dapat dilakukan langsung oleh produsen melalui distributor. Penentuan saluran distribusi yang tepat merupakan suatu strategi pemasaran dan tugas manajemen yang tidak mudah, dikatakan tidak mudah karena melibatkan struktur saluran distribusi yang bersifat dinamis dan terdapat kecenderungan untuk berubah-ubah. Dengan demikian pentingnya distribusi adalah merupakan keunggulan kompetitif yang sulit ditiru oleh pesaing sehingga hal ini perlu dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan juga harus memperhatikan variabel-variabel yang dapat menunjang kinerja pemasarannya dengan melibatkan organisasi-organisasi salurannya, dalam hal ini outlet-outlet dimana perusahaan tersebut menjual produknya Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari responden sebanyak 100 outlet-outlet yang menjadi mitra bisnis PT. Expand Berlian Mulia sebagai distributor produk Nutrisari di area Jawa Tengah dan Yogyakarta yang diolah dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modeling). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan pada penelitian ini diterima. Selain itu ditemukan bahwa selling-in PT. Expand Berlian Mulia dipengaruhi oleh hubungan distributor dengan outlet, strategi pelayanan terhadap outlet, kemampuan tenaga pemasaran dan citra perusahaan. Selain itu dari penelitian ini juga berhasil membuktikan bahwa selling-in PT. Expand Berlian Mulia memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran PT. Expand Berlian Mulia. Implikasi manajerial yang berkaitan dengan strategi pelayanan yang baik perlu dilakukan oleh perusahaan melalui sistem kunjungan yang baik dan rutin dimana hal ini akan sangat bermanfaat dalam upaya mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. Selain itu kemampuan tenaga pemasar dapat ditingkatkan dengan memperbanyak sharing maupun diskusi dengan jajaran top manajemen serta praktisi bisnis yang telah banyak berpengalaman. Adapun profesionalitas dari sumberdaya manusia yang ada akan membentuk citra perusahaan dengan baik. Sedangkan kualitas hubungan dengan distributor akan menjaga kelestarian hubungan bisnis serta mampu secara khusus meningkatkan distribusi selling-in, sebab kualitas hubungan akan meningkatkan distribusi selling-in dimana peningkatan distribusi selling-in juga akan meningkatkan kinerja tenaga pemasaran.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15748
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 Jul 2010 10:05
Last Modified:06 Jul 2010 10:05

Repository Staff Only: item control page