ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI KOMUNIKASI, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) SE KOTA SEMARANG)

EDWARDIN , LARAS TRIS AMBAR SUKSESI (2006) ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI KOMUNIKASI, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) SE KOTA SEMARANG). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
364Kb

Abstract

Basicly, the employee performance are the result of a complex processes, which are come from the employees itself (internal factor), company situation (external factor), and the company strategic efforts. A good performance is certainly being expected all company and institution who employ the employees, because the employee performance finally expected to increase the company performance totality. This research is aimed to examine the impact of communication competence, emotional intelligence, and organizational culture to employee performance. The problem raised in this study are (1) The influence of communication competence on employee, (2) The influence of emotional intelligence on employee performance, (3) The influence of communication competence on organizational culture, (4) The influence of emotional intelligence on organizational culture, (5) The influence of organizational culture. This research have been conducted in PT Pos Indonesia Semarang, include Region Office, Post Office Semarang, and Mail Processing Center Semarang. As many as 120 employees are taken as responden using disproportionate stratified sampling. Questionaire was used as a tool in data collection method. Data analysis techniques in this research is Structural Equation Modeling (SEM). This research gets some important conclusion. Firstly, all hypothesis were proved to be significant. Secondly, all of variables communication competence, emotional intelligence and organizational culture impact on employee performance. Thirdly, the organizational culture has the greatest impact compare with other independent variables. The implies that coomunication competence, emotional intelligence and organizational culture played as important role in developing employee performance. Pada dasarnya kinerja karyawan merupakan hasil proses yang kompleks, baik berasal dari diri pribadi karyawan (internal faktor), keadaan lingkungan/ perusahaan (external faktor), maupun upaya strategis dari perusahaan. Kinerja yang baik tentu saja merupakan harapan bagi semua perusahaan dan institusi yang mempekerjakan karyawan, sebab kinerja karyawan ini pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Jika kinerja karyawan baik maka kinerja perusahaan akan baik pula, demikian sebaliknya jika kinerja karyawan tidak baik maka akan tidak baik pula kinerja perusahaan. Penelitian ini mencoba untuk menguji beberapa faktor yang secara teoritis diduga memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan, yaitu kompetensi komunikasi, kecerdasan emosional dan budaya organisasi. Pertanyaan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Pengaruh kompetensi komunikasi terhadap kinerja karyawan, (2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan, (3) Pengaruh kompetensi komunikasi terhadap budaya organisasi, (4) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap budaya organisasi, (5) Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT Pos Indonesia se-kota Semarang meliputi Kantor Wilayah, Kantor Pos Semarang, dan Kantor Mail Processing Center Semarang. Sebanyak 120 karyawan terpilih sebagai responden dengan menggunakan Disproportionate stratified sampling. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuisioner. Teknis analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini menemukan beberapa kesimpulan penting yaitu pertama bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini telah terbukti secara signifikan. Kedua, variabel kompetensi komunikasi, kecerdasan emosional dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Ketiga, variabel budaya organisasi mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap kinerja karyawan dibandingkan dengan variabel lainnya. Implikasi dari penelitian ini adalah kompetensi komunikasi, kecerdasan emosional dan budaya organisasi mempunyai peran yang sama penting dalam meningkatkan kinerja karyawan. Kata

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15698
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:06 Jul 2010 07:42
Last Modified:06 Jul 2010 07:42

Repository Staff Only: item control page