ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk MEDAN

TOBING , LAOSMA TULUS L (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk MEDAN. Masters thesis, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
326Kb

Abstract

Competitive advantage is heart of company performance in competitive market. The competitive advantage basically grow from value or benefit able to be created by company to all its customer want to buy more than cost must be pay company to create it. This value or benefit is ready to pay by customer, and competitive value come from lower price offer compared to competitor price for the benefit of equivalent or unique benefit offer exceeding price which on the market. The aim of this research is to analyze the influence of environmental perception, quality of service, and implementation of strategy differences to competitive advantage. Meanwhile, environmental perception and implementation of strategy differences to quality of service. Survey have conducted by spreading of the questioner to 102 leader/managers PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk was taken as a sample. Analysis technique used Confirmatory Factor Analysis and Regression Wight by using Structural Equation Modeling (SEM). It explain causality and relation of equality between many variable/constructs that used in this research. The Result of this research indicate that the model have fulfilled the criterion of goodness of fit covering chi-square 59,010 with probability 0,113, RMSEA 0,048, GFI 0,914, AGFI 0,860, TLI 0,959, and CFI 0,970. Hypothesis of result test is that environmental perception factors, quality of service, and implementation of strategy differences have significance effect to competitive advantage. While environmental perception and implementation of strategy differences have not a significance effect to quality of service but still give the positive sign. Policy which require to be done by management PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Medan to improve competitive advantage. Hence need to be conducted the maintaining, attention and loyalty of customer, technological development and service. Keunggulan bersaing adalah jantung kinerja perusahaan dalam pasar bersaing. Keunggulan bersaing pada dasarnya tumbuh dari nilai atau manfaat yang dapat diciptakan perusahaan bagi para pembelinya yang lebih dari biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk menciptakannya. Nilai atau manfaat inilah yang sedia dibayar oleh pembeli, dan nilai yang unggul berasal dari penawaran harga yang lebih rendah ketimbang harga pesaing untuk manfaat setara atau penawaran manfaat unik yang melebihi harga yang ditawarkan. Penelitian ini menelaah pengaruh dari pengamatan lingkungan, kualitas layanan, dan implementasi strategi diferensiasi terhadap keunggulan bersaing. Serta Pengamatan lingkungan dan implementasi strategi diferensiasi terhadap kualitas layanan. Survei dilakukan melaui penyebaran angket kuesioner kepada102 jajaran pimpinan PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Medan yang diambil sebagai sampel. Teknik analsis yang digunakan adalah Confirmaotory Factor Analysis dan Regression Wight dengan menggunakan alat analisis Structural Eqation Modeling (SEM) yang menjelaskan hubungan kausalitas antara beberapa variabel/konstruk yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model telah memenuhi kriteria goodnes of fit yang meliputi chi-squte 59,010 dengan probability 0,113, RMSEA 0,048, GFI 0,914, AGFI 0,860, TLI 0,959, dan CFI 0,970. Dari hasil uji hipotesisi diperoleh bahwa faktor-faktor pengamatan lingkungan, kualitas layanan, dan implementasi strategi diferensiasi berpengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing. Sedangkan pengamatan lingkungan dan implementasi strategi diferensiasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan namun masih memberikan tanda yang positif. Kebijakan yang perlu dilakukan oleh manajemen PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Medan dalam mempertahankan keunggulan bersaing maka perlu dilakukan peningkatan daya tahan produk tiruan pesain, perhatian dan loyalitas pelanggan dan pengembangan teknologi layanan.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:15697
Deposited By:Mr UPT Perpus 1
Deposited On:06 Jul 2010 07:39
Last Modified:06 Jul 2010 07:39

Repository Staff Only: item control page