ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERJASAMA JANGKA PANJANG UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi pada PT. Meka Adipratama Semarang)

Cahyono,, C. Joko (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERJASAMA JANGKA PANJANG UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi pada PT. Meka Adipratama Semarang). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
422Kb

Abstract

The key to success in a business competition depends on the company’s ability to take appropriate regulations. The new strategic management concept puts an emphasis on consumer’s satisfaction from the competitor’s point of view. Therefore,a company should establish a strong competitive position and, next a cooperatin with other companies,especially the distributors. The study was conductedin PT Meka Adipratama Semarang in which a turnover decline had been found due to the high business competition and the company’s inefficient channel of distribution. The research study was aimed at finding out some influential factors towards long-term cooperations in order to develop the company’s competitive excellence. Based on the previous studies, some factors assumed were reputation, trust, dependency, satisfaction, commitment, and communication. The respondents of this study were PT. Meka Adipratama’s agent which already knew about the ongoing transactions. In this case, questionnaires and interviews were used to learn about respondent’s perceptions on each variable. This is in accordance with type and data resource used, i.e primary data. Meanwhile, for the analysis technique, SEM with AMOS 5 program was applied to test the research model as well as the proposed hypothesis. The result shows empiric evidence that the variables used, i.e. reputation, trust, dependency, satisfaction, commitment and communication, have a positive and significant influence on long-term cooperations. By considering these factors, harmonious and beneficial cooperations can be achieved and the company’s competitive advantage can be enhanced. Both the limitation and future research agenda will be further explained in the last chapter of this study. Kunci keberhasilan dalam dinamika persaingan bisnis yang kompetitif terletak pada kemampuan perusahaan untuk mengambil kebijakan stratejik yang tepat. Konsep manajemen stratejik yang baru menekankan pada kepentingan atau kepuasan konsumen dari perspektif kompetitor. Dengan berfokus pada kepentingan konsumen, perusahaan harus membangun posisi kompetitif yang kuat. Untuk merealisasikan hal tersebut maka perusahaan perlu menjalin kerjasama dengan pihak lain, khususnya distributor. Penelitian ini berangkat dari permasalahan lapangan yaitu penurunan omset penjualan PT. Meka Adipratama Semarang. Penurunan tersebut dikarenakan tingkat persaingan dalam industri yang digeluti oleh PT. Meka Adipratama semakin kompetitif. Disamping itu juga, penurunan omset penjualan dapat dikarenakan tidak efektifnya jalur distribusi perusahaan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah menelusuri faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kerjasama jangka panjang untuk meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap kerjasama jangka panjang didasarkan pada penelitian terdahulu, yaitu reputasi, kepercayaan, ketergantungan, kepuasan, komitmen dan komunikasi. Responden penelitian ini adalah agen PT. Meka Adipratama di Jawa Tengah yang berjumlah 333 agen aktif. Pemilihan agen sebagai responden dikarenakan para agen dianggap mengetahui tentang kerjasama transaksi yang selama ini telah dijalin. Untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel penelitian maka digunakan kuesioner dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Hal tersebut konsisten dengan jenis dan sumber data yang digunakan, yaitu data primer. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji model penelitian atau menguji hipotesis yang diajukan adalah SEM dengan program AMOS 5. Hasil pengolahan data memberikan bukti empiris bahwa variabel yang digunakan, yaitu reputasi, kepercayaan, ketergantungan, kepuasan, komitmen dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kerjasama jangka panjang. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut maka kerjasama jangka panjang yang harmonis serta saling menguntungkan dapat ditingkatkan. Disamping itu juga, adanya kerjasama jangka panjang maka akan berdampak pada keunggulan kompetitif perusahaan. Oleh karena itu, implikasi manajemen dapat dilakukan dengan berpedoman pada factor-faktor tersebut. Keterbatasan dan agenda penelitian yang akan datang dijelaskan pada bagianakhir penelitian ini.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:15685
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 Jul 2010 06:56
Last Modified:06 Jul 2010 06:56

Repository Staff Only: item control page