ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI INTEGRASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI KASUS DISTRIBUTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA SEMARANG)

SANTOSA, JANUAR (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI INTEGRASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (STUDI KASUS DISTRIBUTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA SEMARANG). Masters thesis, PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS DIPONEORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
542Kb

Abstract

Persaingan bisnis yang makin ketat yang terjadi di dalam pemasaran terutamanya saluran distribusi membuat perusahaan-perusahaan bekerja keras melakukan berbagai strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan. Salah satunya yaitu membangun strategi integrasi dengan mensinergikan segala kekuatan perusahaan guna meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang lebih didasarkan atas research gap, yaitu adanya perbedaan pandangan antara peneliti-peneliti sebelumnya sehingga perlu diuji kembali untuk mendapatkan hasil yang paling sesuai dengan kondisi penelitian saat ini. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang berkaitan dengan strategi integrasi, yaitu tingkat kepercayaan, dependensi dan fleksibilitas yang mempengaruhi kinerja pemasaran perusahaan dengan melalui fleksibitas dan kepercayaan sebagai variabel intervening. Atas dasar hal tersebut, maka diajukan sebuah model teoritis dan 6 hipotesis untuk diuji dengan metode SEM. Sampel penelitian ini adalah 100 perusahaan makanan dan minuman di Kota Semarang. Hasil analisis SEM memenuhi Goodness of Fit Index, yaitu Chi-square (X2) = 114,734 dengan signifikansi probabilitas sebesar 0,437, GFI (0,914), AGFI (0,901), TLI (0,992), CFI (0,993), RMSEA (0,012), CMIN/DF (1,012). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pemasaran dapat ditingkatkan melalui strategi integrasi. Strategi Integrasi dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan, dependensi dan fleksibiltas. Implikasi teoritis yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa tingkat kepercayaan, dependensi dan fleksibiltas berpengaruh terhadap kinerja pemasaran melalui variabel intervening, yaitu kepercayaan dan fleksibilitas. Implikasi manajerial yang dapat disarankan adalah bahwa membangun kerjasama yang saling menguntungkan kedua perusahaan dengan adanya kepercayaan, fleksibilitas, dan adanya dependensi merupakan aspek yang perlu diperhatikan guna mencapai kinerja yang efesien dan efektif.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:15682
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:06 Jul 2010 06:45
Last Modified:06 Jul 2010 06:45

Repository Staff Only: item control page