PERBEDAAN KUALITAS AUDIT DAN KEPUASAN AUDITEE BERDASARKAN GROUP AUDIT (STUDI KASUS BANK XYZ)

Kemalasari, Intan (2006) PERBEDAAN KUALITAS AUDIT DAN KEPUASAN AUDITEE BERDASARKAN GROUP AUDIT (STUDI KASUS BANK XYZ). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
952Kb

Abstract

The objective of this research is to review whether there are differences between audit quality and auditee’s satisfaction (division in head office and branch offices) from each of audit group. Also, it aims to see the relationship between audit result conducted by each of audit group and audit quality as to conducted by each of audit group and audit quality as to auditee’s satisfaction. The variables used in this audit quality research is contained in ethic code of internal auditor of Bank XYZ, which is competency, integrity, objectivity, and Confidentiality. Samples of this research are 11 divisions and 43 branches of Bank of XYZ as schedule on audit group in 2006 audit plan of Bank of XYZ. From 54 sent questionnaire, all of them were completely sent back and filled, so all of the entire sample can be analyzed. This reasearch data analysis use multivariate analysis of Variance ( MANOVA) constructively from SPSS 11.5 program. Result of this research indicates that the respond of audit quality and auditee’s satisfaction rate assessed by each auditee as the respondent do not give positive contribution in group audit assessment. It indicates that there is no significant relationship between each audit group. Penelitian mengenai kualitas audit dan kepuasan auditee bagi auditor eksternal sudah banyak dilakukan, sedangkan penelitian mengenai kualitas audit dan kepuasan auditee dari auditor internal baru dilakukan oleh Mochamad Ilham pada tahun 2001. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kualitas audit dan kepuasan yang didapat auditee (kantor cabang dan divisi) dari masing-masing group audit. Selain itu juga untuk melihat apakah hasil audit yang dilakukan oleh masing-masing group audit berhubungan terhadap kualitas audit dan kepuasan auditee. Variabel yang digunakan dalam meneliti kualitas audit adalah sesuai dengan variabel yang tercantum pada kode etik auditor internal dari Bank XYZ, yaitu kompetensi, integritas, obyektivitas dan kerahasiaan. Sampel dari penelitian ini adalah 11 divisi dan 43 kantor cabang Bank XYZ sesuai jadwal group audit yang ada pada audit plan Bank XYZ tahun 2006. Dari 54 kuesioner yang dikirim, keseluruhan kuesioner tersebut kembali dan lengkap terisi sehingga keseluruhan sample dapat dianalisis. Data di analisis menggunakan multivariate analysis of Variance (MANOVA) dengan bantuan program SPSS 11.5. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa respon tingkat kualitas audit dari group audit dan tingkat kepuasan auditee yang dinilai oleh masing-masing auditee sebagai respondennya tidak memberi kontribusi dalam penilaian terhadap group audit. Hal ini menunjukkan bahwa antara masing-masing group audit tidak berbeda nyata.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Accounting
ID Code:15651
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:05 Jul 2010 20:45
Last Modified:05 Jul 2010 20:45

Repository Staff Only: item control page