ANTORO, HANDJAR DWI (2006) ANALISIS HUBUNGAN KECELAKAAN DAN V/C RASIO (STUDI KASUS: JALAN TOL JAKARTA – CIKAMPEK). Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 1104Kb |
Abstract
Kecelakaan lalu-lintas merupakan indikator utama tingkat keselamatan jalan raya. Di negara maju perhatian dan upaya terhadap permasalahan ini terus dikembangkan demi meminimalkan kuantitas dan kualitas kecelakaan. Namun di negara berkembang seperti Indonesia angka kecelakaan lalu-lintas dimaklumi masih sangat tinggi, sehingga diperlukan upaya-upaya yang lebih serius lagi, baik yang bersifat preventif maupun represif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari pola hubungan antara tingkat keselamatan lalu-lintas jalan raya yang diwakili oleh angka kecelakaan dan kondisi lalu-lintas yang diwakili oleh v/c rasio, sehingga dapat diprediksi lebih awal tentang kemungkinan terjadinya kecelakaan pada berbagai kondisi v/c rasio. Angka kecelakaan (accident rate) merupakan jumlah kecelakaan yang terjadi pada suatu ruas atau seksi jalan selama periode tertentu yang ditinjau berdasarkan panjang jalan dan volume lalu-lintas yang melewati ruas tersebut tiap 100 juta kendaraan km. Sedangkan v/c rasio yang merupakan derajat kejenuhan lalu-lintas adalah perbandingan antara volume lalu-lintas (smp) dibagi dengan kapasitas jalan. Studi kasus dilakukan di jalan tol Jakarta - Cikampek (2003-2005) untuk jalan sepanjang 72,3 Km yang dibagi menjadi 13 ruas arus menuju Cikampek dan 13 ruas arus menuju Jakarta. Analisis regresi digunakan untuk mendapatkan fungsi hubungan tersebut dengan nilai R2 (koefisien determinasi) yang menujukan besarnya pengaruh perubahan variansi v/c rasio terhadap perubahan variansi angka kecelakaan. Analisis dilakukan pada agregat tahun dan pada agregat jam. Pada agregat tahun angka kecelakaan dan v/c rasio dihitung berdasarkan periode tahunan pada tiap ruas, sedangkan analisis pada agregat jam angka kecelakaan dan v/c rasio disimulasikan pada saat jam kejadian kecelakaan. Hasil analisis dengan agregat tahun menunjukan bahwa hubungan antara angka kecelakaan dan v/c adalah fungsi polynomial positif dengan titik balik maksimum pada v/c antara 0,6 sampai 0,7. Persamaannya Y = -86,75X2 + 127,4x + 0,13 (R2=0,5003). Untuk tipe kecelakaan tunggal dan jenis kecelakaan ringan hubungan juga berpola polynomial positif (+), sedangkan pada tipe kecelakaan multi dan jenis kecelakaan fatal/berat hubungan bersifat eksponsial negatif (-), artinya peningkatan v/c rasio justru berpengaruh terhadap menurunnya angka kecelakaan. Hasil analisis pada agregat jam menunjukan bahwa jumlah kecelakaan lebih banyak terjadi pada v/c yang relatif rendah antara 0,1 sampai dengan 0,4 dimana pada v/c tersebut kemungkinan kecepatan relatif tinggi yang berpengaruh pada kurangnya antisipasi pengemudi dalam mengontrol kendaraan. Bobot keparahan kecelakaan hampir merata pada berbagai kondisi v/c rasio. Namun pada jalan 2 lajur bobot keparahan kecelakaan relatif lebih tinggi akibat manuver kendaraan pada lajur jalan yang relatif terbatas dibandingkan pada jalan 4 lajur. Kesimpulanya adalah terdapat pola hubungan antara v/c rasio dengan angka kecelakaan di jalan tol Jakarta - Cikampek, sehingga dapat dijadikan bahan masukan maupun pertimbangan dalam perencanaan dan manajemen jalan tol. Traffic Accident represents main indicator roadway safety level. In developed countries attentions and effort to this problem developed continuously in order to minimize quantity and quality of accident. But in developing countries like Indonesia, number of traffic accident still very high, so that needed more serious efforts again, both for preventively or repressively. Goal of this research is to seek relation between safety level of roadway traffic represented by accident number with condition of traffic represented by v/c ratio so that can predict earlier about possibility the happening of accident at various condition of v/c ratio. Accident rate representing the amount of accident that happened at section or road segment during specified period pursuant to length of road and traffic volume passing the road segment every 100 million km-vehicle. While v/c ratio representing degree of saturation of traffic is comparison between traffic volumes (pcu) divided with road capacities. Case study conducted at Jakarta - Cikampek toll-road (2003-2005) to 72.3 km road that divided becomes 13 segments through Cikampek and 13 segments through Jakarta. Regression analysis used to get the relation function and value of R2 (coefficient of determination) showing the influence level of v/c ratio variance changes against the change variance of accident rate. Analysis conducted at annual aggregate and at hourly aggregate occurrence of accident. At annual aggregate, accident rate and v/c ratio calculated pursuant to annual period at every segment, while hourly aggregate analysis, accident rates and v/c ratio are simulated at the time of accident happened. Result of analysis at annual aggregate shows that common relation between accident rate and of v/c ratio is polynomial positive function with maximum a turning point that is Y = - 86,75X2 + 127,4x + 0,13 ( R2 = 0,5003). For the type of single accident and light accident have polynomial positive pattern while the multi accident type and the fatal accident have negative relation, its meaning increase of v/c ratio exactly have an effect on to decrease accident rate. Result of analysis at hourly aggregate shows that number of accident most happened at v/c which lower relatively between 0,1 up to 0,4 and weight fatality accident almost flatten at various condition of v/c ratio. But weight fatality accidents at 2 lane road have larger ones value which compare with 4 lane road Its conclusion there are relation pattern between v/c ratio with accident rate at Jakarta - Cikampek toll road, so its can be made as input matters and also consideration in the plan and toll road management.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Civil Engineering |
ID Code: | 15612 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 05 Jul 2010 13:17 |
Last Modified: | 05 Jul 2010 13:17 |
Repository Staff Only: item control page