ANALISIS PENGARUH INTERAKSI ANTAR DEPARTEMEN DAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN, KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN KINERJA PASAR

Krishnamurti, Fanny (2006) ANALISIS PENGARUH INTERAKSI ANTAR DEPARTEMEN DAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN, KEUNGGULAN BERSAING DALAM MENINGKATKAN KINERJA PASAR. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
350Kb

Abstract

Kualitas produk merupakan faktor yang vital dalam menciptakan superior value untuk pelanggan. Terciptanya superior value bagi pelanggan tersebut pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja pasar perusahaan. Penelitian terdahulu di bidang pemasaran dan manajemen menekankan bahwa dalam proses pengembangan produk, kegiatan untuk meraih tujuan perusahaan yang berhubungan dengan kualitas produk didasarkan pada pengelolaan interaksi antar departemen dalam perusahaan. Penelitian ini secara khusus meneliti pengaruh interaksi antar departemen dan sistem informasi pemasaran terhadap kualitas produk dalam industri jasa perbankan, kemudian meneliti pengaruh kualitas produk terhadap keunggulan bersaing dan kinerja pasar perusahaan. Kualitas produk dalam industri jasa disebut sebagai kualitas layanan. Industri yang dijadikan objek penelitian adalah industri perbankan di kota Semarang. Berdasarkan model teoritis yang diajukan dalam penelitian ini, pengujian secara empiris dengan menggunakan penganalisaan Structural Equation Model (SEM) dari paket software AMOS 4.01, maka hasilnya menunjukkan bahwa informasi antar departemen dan sistem informasi pemasaran dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Adanya peningkatan kualitas pelayanan akan berpengaruh secara langsung terhadap kemampuan bersaing perusahaan dan pertumbuhan nasabah. Product Quality is a vital factor to create superior value for customer. Created superior value for customer in the end will influence market effort of the company. Historical research in marketing and management said that in the process of product development, the activity to catch company goals which connected with product quality basic to the management of interdepartmental interaction in the company. This research specially researching the influence of interdepartemental interaction and marketing information system to product quality in the bank services industries, than researching the influence of product quality through competitive advantage and market effort of the company. Product quality in service industrie called as sevice quality. Industrie choose for research object is bank industrie in Semarang City. Basic to teorotical model which gived to this research, empirical test used Structural Equation Model (SEM) the result show that interdepartemental interaction and marketing information system can increase service quality. There is service quality will affected directly to company competitive advantage and market effort .

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:15541
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:01 Jul 2010 15:48
Last Modified:01 Jul 2010 15:48

Repository Staff Only: item control page