BUDIANTO, ERWIN (2006) UJI REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN DIVIDEN TUNAI PERIODE 2003-2004 (Studi Komparasi Antara Perusahaan yang mengumumkan Dividen Naik dan Perusahaan yang mengumumkan Dividen Turun di Bursa Efek Jakarta). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version 374Kb |
Abstract
Informasi tentang naik turunnya dividen tunai yang dibagikan perusahaan merupakan salah satu informasi yang dipandang cukup penting bagi para investor, karena dalam informasi tersebut mengandung muatan informasi yang berkenaan dengan prospek keuntungan yang akan diperoleh suatu perusahaan dimasa yang akan datang. Hal ini disebabkan dalam kondisi dimana investor dihadapkan pada ketidakpastian yang tinggi terhadap hasil kegiatan investasinya, maka informasi naik turunnya dividen tunai dapat dijadikan indikator untuk memperbaiki prospek keuntungan perusahaan dimasa yang akan datang. Penelitian ini akan menguji kandungan informasi pengumuman dividen tunai naik dan turun, perbedaan rata-rata abnormal return antara perusahaan yang mengumumkan dividen tunai naik dengan perusahaan yang mengumumkan dividen tunai turun serta menguji reaksi pasar antara perusahaan yang mengumumkan dividen tunai naik dan turun yang dilihat dari nilai rata-rata abnormal returnnya. Populasi yang digunakan adalah perusahaan yang mengumumkan dividen tunai yang listed dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta selama periode 2003-2004. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 64 perusahaan, terdiri dari 40 perusahaan yang mengumumkan dividen tunai naik dan 24 perusahaan yang mengumumkan dividen tunai turun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perusahaan yang mengumumkan kenaikan dividen, pasar tidak bereaksi. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak ada kandungan informasi pada pengumuman kenaikan dividen tunai. Sedangkan pada perusahaan yang mengumumkan penurunan dividen tunai, pasar bereaksi pada hari t-2 sebelum pengumuman dividen tunai turun. Pengujian terhadap perbedaan rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman dividen tunai naik dan turun, menunjukkan tidak ada perbedaan antara rata-rata abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman dividen tunai naik dan turun. Dari hasil uji perbedaan reaksi pasar antara perusahaan yang mengumumkan dividen tunai naik dengan perusahaan yang mengumumkan dividen tunai turun, berdasarkan analisis yang dilakukan terhadap nilai rata-rata abnormal return, diperoleh hasil tidak ada perbedaan reaksi pasar antara perusahaan yang mengumumkan dividen tunai naik dan turun. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengumuman dividen tunai tidak mengandung informasi kecuali untuk perusahaan yang mengumumkan dividen tunai turun. Hal ini mengindikasikan bahwa naiknya dividen tunai yang dibagikan tidak cukup bermakna dalam memberikan muatan informasi tentang prospek meningkatnya pendapatan emiten dimasa yang akan datang. The information about increase and decrease of the cash dividend that it’s be dividend by the company is one of information that be considered important enough for investor, because in the information include. The loading information that due to advantage prospect that will get by the company in the next time. It’s caused a condition where the investors is met to the high uncertainity of the result of it’s investment activity so it’s increase and decrease information a cash dividend can be assumed as an indicator for repairing the advantage prospect company in the next time. This research examines information content of cash dividends announcements increase and decrease. The difference of average abnormal return between companies announcing of cash dividend and also the market reaction toward the increase and decrease of cash dividend announcement seen from value of it’s average abnormal return. The population used is companies announcing cash dividends and listed in Jakarta Stock Exchange for 2003-2004 period. The sample is 64 companies consisting 40 companies announcing the increase of cash dividends and 24 companies announcing the decrease of cash dividends. The result shows that those companies announcing the increase of cash dividends, the market is not reactive. It indicate that there is no content information on the announcement of cash dividends increase. Mean while those companies announcing the decrease of cash dividends, the market is reactive, especially in the t-2 before announcement of cash dividends. The test of the difference of average abnormal return before and after on the announcement of the increase and the decreas of cash dividends, show that there is no difference between average abnormal return before and after announcement of increase and decrease cash dividends. The result of different test market reaction between companies announcing the increase and the decrease of cash dividends, based on the analyze toward average abnormal return is derived that there is no difference in market reaction between companies announcement the increase and the decrease of cash dividends. Of the research, it can be concluded that the cash dividends announcement. Does doesn’t have information content except for those companies announcing the decrease of cash dividends. It indicate that the increase of cash dividend delivered is not significant in giving information content concerring prospect of the increaseof income the near future.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 15535 |
Deposited By: | Mr UPT Perpus 2 |
Deposited On: | 01 Jul 2010 15:25 |
Last Modified: | 01 Jul 2010 15:25 |
Repository Staff Only: item control page