ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NIAT PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) TERHADAP PELAYANAN DOKTER KELUARGA DI DINAS P DAN K PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2006

ROKHISAH, ENY (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN NIAT PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) TERHADAP PELAYANAN DOKTER KELUARGA DI DINAS P DAN K PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2006. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
2494Kb

Abstract

Pelayanan Dokter Keluarga adalah pelayanan kesehatan yang komprehensif, terpadu, dan menyeluruh. Pelayanan melalui Dokter Keluarga adalah salah satu upaya PT Askes meningkatkan pelayanan kesehatan bagi PNS. PNS Dinas P dan K jumlahnya cukup besar + 1.000 orang, namun belum banyak yang ikut program Dokter Keluarga. Studi pendahuluan terhadap 15 orang menunjukkan baru 1 orang (6,67 %) yang telah beralih ke dokter keluarga. Program dokter keluarga di Semarang telah dimulai pertengahan Mei 2004, namun peserta askes di Kota Semarang yang beralih ke dokter keluarga baru 6,940 orang atau 16,35 % dari target. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik responden (umur, jenis kelamin, pendidikan, status perkawinan, pangkat/golongan, dan masa kerja) dan faktor pengetahuan tentang dokter keluarga, sikap dan norma subyektif yang berhubungan dengan niat terhadap pelayanan dokter keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan jenis penelitian eksplanatory. Sampel berjumlah 100 orang PNS yang bekerja di lingkungan Dinas P dan K Provinsi Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dan undian. Uji hubungan antara variabel bebas (umur, jenis kelamin, pendidikan, status perkawinan, pangkat/golongan, dan masa kerja) dengan variabel terikat (niat PNS terhadap pelayanan dokter keluarga) dilakukan dengan uji Chi-Square, sedang untuk uji hubungan antara variabel bebas (pengetahuan, sikap dan norma subyektif) dengan variabel terikat menggunakan uji korelasi Rank-Spearman dan Pearson’s Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara umur responden dengan niat PNS terhadap pelayanan dokter keluarga (p = 0,002 ), demikian juga antara variabel bebas (pengetahuan, sikap dan norma subyektif) dengan niat PNS terhadap pelayanan dokter keluarga, meskipun hubungan yang ada sangat lemah. Untuk meningkatkan kesejahteraan PNS melalui dokter keluarga dan oleh karena penyebaran informasi tentang dokter keluarga belum merata, maka PT Askes diharapkan membuat leaflet, brosur dan buletin yang disebarkan ke instansi pemerintah di wilayah kerjanya, serta bekerja sama dengan Pemerintah Daerah atau BKD untuk penyebaran informasi ke CPNS. Dinas/instansi pemerintah diharapkan membantu untuk memfasilitasi PNS yang berniat untk ikut program dokter keluarga.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:15528
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:01 Jul 2010 15:08
Last Modified:01 Jul 2010 15:08

Repository Staff Only: item control page